Mensos Risma Pastikan Bansos Tunai Pemerintah Pusat Bulan Mei Keluar Sebelum Lebaran
Menteri Sosial Tri Rismaharini (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan bantuan sosial tunai (BST) dari pemerintah pusat per bulan Mei 2021 akan dicairkan sebelum Hari Raya Idulfitri tiba.

Pada tahun ini hari Lebaran jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Kata Risma, BST akan cair pada minggu pertama atau minggu kedua bulan Mei.

"Untuk bansos tetap dilaksanakan sesuai jadwal di bulan tersebut. Untuk bulan Mei di bulan lebaran kita akan serahkan di awal Mei. Khusus DKI Jakarta mungkin akhir minggu pertama atau awal minggu ke dua," kata Risma dalam konferensi pers virtual, Jumat, 26 Maret.

Sementara, BST dari Kemensos per bulan Maret dan April cair pada minggu keempat bulan Maret. Tak cuma BST, bansos dari pemerintah pusat juga terdiri dari bantuan pangan nontunai (BPNT) atau program sembako, serta program keluarga harapan (PKH).

Risma menyebut, seluruh jenis bantuan menggunakan uang elektronik. Penyalurannya melalui sistem non tunai lewat bank penyalur dan PT Pos. Adapun target penerima BNPT sebanyak 18,8 juta keluarga, PKH 10 juta keluarga, dan BST 10 juta keluarga.

Namun, saat ini belum semua data penerima bansos telah dimiliki Kemensos. Sebab, ada beberapa pemerintah daerah yang belum 100 persen memadankan data dengan data kependudukan.

"Ada yang kita harus jemput perbaikan datanya. Jadi, bekerja sama dengan daerah, kami menurunkan staf untuk mempercepat di 514 kabupaten kota. Kita harus melakukan ini karena data kita yang kita keluarkan harus benar-benar betul," tutur Risma.