Korek-korek Parit, Anak-anak di Medan Temukan Granat, Sempat Jadi Mainan
Granat manggis ditemukan di Medan (Malo/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Granat manggis ditemukan di Lingkungan 12, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, Medan. Lokasi granat masih digaris polisi.

Kepala Lingkungan 12 Kelurahan Durian, Sri Mainarsih mengatakan, granat itu ditemukan  anak-anak di selokan. 

"Awalnya anak-anak ngorek parit (selokan), nyari guli (kelereng), terus ada benda itu (granat). Anak-anak kan nggak ngerti apa itu," kata Sri, Rabu, 24 Maret. 

Menurut Sri, anak-anak yang menemukan granat itu sempat memainkannya.  “Sempat dipegang, anak-anak bilang kelereng besar," jelasnya. 

Saat diketahui benda itu granat, warga langsung menghubungi polisi. Setelah itu, lokasi penemuan granat diberi garis polisi.

Granat manggis yang ditemukan sudah dalam keadaan berkarat. Granat ini diletakkan di antara pot bunga. Rencananya granat akan diamankan tim Gegana.

Penemuan granat di Medan (Malo/VOI)

Sementara itu, Danramil O2/MT, Kapten B Sembiring mengatakan granat yang ditemukan berumur 20 tahun. Diperkirakan granat itu masih aktif. 

"Kalau kita melihat dari bentuk granat adalah jenis manggis buatan Korea yang diperkirakan berumur 20 tahun. Kalau kita lihat kondisi mya sepertinya masih aktif, karena cincin pengait belum terlepas masih utuh, cuma karena sudah lama, dibungkus karat," jelas Sembiring. 

Saat ini, petugas masih berjaga di lokasi temuan granat itu hingga tim Satuan Gegana Brimob Polda Sumut datang untuk mengevakuasinya.

"Kita unsur Muspika tetap menjaga lokasi ini hingga tim Gegana Brimob datang untuk mengevakuasi barang ini," kata dia.