Bagikan:

JAKARTA -  Pesawat-pesawat tempur Israel memecahkan penghalang suara sebanyak tiga kali di Beirut dalam waktu kurang dari 30 menit.

Peristiwa ini menyebabkan dentuman keras yang membuat orang-orang di kota itu berlarian mencari perlindungan tepat sebelum pidato pemimpin partai berkuasa.

Pesawat-pesawat tempur Israel terbang rendah di atas ibu kota Lebanon. Sementara para saksi mengatakan mereka dapat melihat pesawat-pesawat tersebut dengan mata telanjang.

Dentuman sonik tersebut adalah yang paling keras terdengar di Beirut selama bertahun-tahun.

Reporter Reuters pada Selasa, 6 Agustus, melihat orang-orang di sebuah kafe di distrik Badaro, Beirut, berhamburan ketika suara itu bergema di seluruh kota.

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah dijadwalkan memulai pidatonya sekitar pukul 5 sore waktu setempat untuk memperingati satu minggu sejak terbunuhnya komandan militer utama kelompok bersenjata Lebanon Fuad Shukr dalam serangan Israel di pinggiran selatan Beirut.

Hizbullah berjanji untuk merespons pembunuhan tersebut, yang terjadi hanya beberapa jam sebelum pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dalam operasi yang disebut dilakukan oleh Israel.

Pembunuhan ini telah mendorong kawasan ini ke ambang perang, dan Iran juga berjanji akan memberikan balasan yang menyakitkan.