Bagikan:

JAKARTA -  Sekretaris dewan keamanan Rusia, Sergei Shoigu, tiba di Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Iran termasuk Presiden Masoud Pezeshkian,

Kantor berita Rusia Interfax melaporkan kunjungan tersebut terjadi di tengah ketegangan di Timur Tengah di tengah kekhawatiran akan perang regional yang lebih luas setelah Ismail Haniyeh, pemimpin kelompok militan Palestina Hamas, dibunuh di Teheran.

Shoigu mantan menteri pertahanan Rusia juga akan bertemu dengan kepala keamanan nasional Iran dan kepala staf umum, kata Interfax dilansir Reuters, Senin, 5 Agustus.

Rusia membina hubungan yang lebih erat dengan Iran sejak awal perangnya dengan Ukraina dan mengatakan pihaknya sedang bersiap untuk menandatangani perjanjian kerja sama yang luas.

Reuters melaporkan pada Februari, Iran telah memberi Rusia sejumlah besar rudal balistik permukaan-ke-permukaan yang kuat.

Amerika Serikat mengatakan pada Juni, Rusia tampaknya memperdalam kerja sama pertahanannya dengan Iran dan telah menerima ratusan drone serang satu arah yang digunakan untuk menyerang Ukraina, namun hal ini dibantah oleh Moskow.

Rusia mengatakan Jumat lalu mereka bergabung dengan Iran dalam mengutuk pembunuhan pemimpin Hamas dan menunjukkan “konsekuensi yang sangat berbahaya dari tindakan tersebut”.