Rusia-Iran Makin Mesra, Menhan Shoigu: Tekanan Sanksi Terbukti Sia-sia
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. (Wikimedia Commons/Mil.ru/Ministry of Defence))

Bagikan:

JAKARTA - Kerja sama Rusia dan Iran mencapai titik tertinggi, membuktikan tekanan sanksi terhadap mereka tidak berpengaruh, sebaliknya membulatkan tekad untuk mengimplementasikan seluruh rencana, meski ditentang Barat, kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

"Kami bertekad untuk mengimplementasikan seluruh rangkaian kegiatan yang kami rencanakan meskipun mendapat tentangan dari AS dan sekutu Baratnya," kata Menhan Shoigu saat bertemu timpalannya dari Iran Mohammad-Reza Ashtiani, dilansir dari TASS 21 September.

Lebih lanjut Menhan Shoigu juga mengumumkan kesiapan "untuk mengambil langkah bersama lebih lanjut, guna memperkuat stabilitas dan keamanan di Timur Tengah."

"Kami senang untuk mencatat, bahwa dialog Rusia-Iran telah menjadi sangat intens akhir-akhir ini," kata Shoigu.

Menurutnya, hal ini sebagian besar disebabkan oleh hubungan berbasis kepercayaan di antara para pemimpin Rusia dan Iran.

"Tingginya intensitas pertemuan menegaskan tekad bersama kami untuk terus meningkatkan kemitraan pertahanan strategis," tegas Menhan Rusia.

Menhan Shoigu diketahui tengah melakukan kunjungan ke Teheran. Ia bertemu dengan Kepala Keamanan Iran Ali Akbar Ahmadian dan membahas berbagai topik, utamanya perkembangan di wilayah Kaukasus, menurut Nour News Iran.

Sedangkan kantor berita Iran, Tasnim, melaporkan Menhan Shoigu juga mengunjungi Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), bertemu dengan sang komandan Amirali Hajizadeh yang memperlihatkan drone, rudal dan sistem pertahanan udara Iran kepadanya.