Bagikan:

JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu merespons ajakan Partai Gerindra kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk merapat ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ajakan yang diungkapkan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tersebut didengar langsung oleh Syaikhu dan seluruh hadirin dalam acara Hari Lahir ke-26 PKB di Jakarta Convention Center (JCC).

Giliran membacakan sambutannya di acara tersebut, Syaikhu pun mengaku juga ingin diajak Gerindra untuk bergabung dalam pemerintah ke depan.

"Saya kira untuk Pak Dasco khususnya dan Gerindra, ajak-ajak lah, PKS. Jangan cuma ngajak NasDem dan PKB, PKS ditinggalkan sendirian," kata Syaikhu disambut gelak tawa seisi ruangan, Selasa, 23 Juli.

Dalam kesempatan itu, Syaikhu juga mengamini pernyataan Dasco yang menyebut perlunya kolaborasi untuk menata pemerintahan ke depan.

"Tadi Pak Dasco juga sudah mengungkapkan bahwa memang perlu ada kolaborasi dari elemen-elemen bangsa karena memang membangun negeri kita yang kita cintai yang sedemikian besar, untuk mewujudkan sebuah peradaban besar. Sangat tidak mungkin dilakukan seorang diri, karena begitu juga tidak mungkin oleh satu partai saja," jelasnya.

Dalam Harlah ke-26 PKB, Dasco secara terang-terangan mengajak partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar untuk bergabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Menurut Dasco, Gerindra patut mengajak PKB untuk merapat ke kubu pemerintah karena kedua partai tersebut sempat "mesra" menjalin koalisi sementara di Pilpres 2024, sebelum akhirnya PKB dan Gerindra berada di koalisi berbeda.

"Ke depan, PKB, Gerindra semua partai harus bersama-sama. Karena tadi sudah dibilang bahwa kita adalah cinta lama, kami tunggu PKB untuk masuk dalam pemerintah bersama-sama," tutur Dasco.

Sebagai informasi, PKB menggelar peringatan hari ulang tahun ke-26 pada hari ini. Sejumlah pimpinan partai turut hadir dalam Harlah ke-26 PKB.

Di antaranya adalah Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana.

Terdapat sejumlah ketum yang kehadirannya diwakilkan oleh para pengurus partai, di antaranya Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dan Sekjen PAN Eddy Soemarno, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus, Waketum Demokrat Benny K. Harman, hingga Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Hadir pula Ketua MPR Bambang Soesatyo, setta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Yandri Susanto dalam Harlah ke-26 PKB.