Bagikan:

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membuka Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang digelar serentak di 29 Kecamatan wilayahnya.

Sebanyak 438.523 anak di wilayah Kabupaten Tangerang mendapatkan vaksin Novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) dengan jumlah alokasi vaksin adalah 1.096.400 dosis. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan polio.

“Polio ini karena virus, itu penyakit berbahaya. Dan saya imbau, orang tua segera melakukan vaksinasi polio pada anak dengan usia maksimal 8 tahun kurang satu hari. Sasaran kita se-Kabupaten Tangerang 400 ribu lebih,” kata Pj Bupati Tangerang, Andi Ony dalam keterangannya, Rabu, 23 Juli.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Muchlis mengatakan jika pemberian vaksin polio dengan jenis vaksin nOPV2 ini tidak akan berpengaruh dengan pemberian vaksin yang sebelumnya.

"Kalau anak sudah vaksin, terus ikut PIN Polio ini, tidak masalah, karena memang aman, dan pemberiannya pun oral atau tetes. Dan ini sistemnya seperti booster, dengan jarak sekitar dua minggu," ujarnya.