2 Bus Lintas Provinsi Ludes Dilalap Api di Terminal Batoh Aceh, Korsleting Mesin Diduga Jadi Pemicu
Petugas memadamkan api (Foto: ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Dua bus lintas provinsi hangus terbakar saat parkir di Terminal Batoh, Banda Aceh, Sabtu, 20 Maret. Diduga kuat penyebab kebakaran dipicu korsleting di bagian mesin saat dilakukan perbaikan.

"Ada sedikit yang perlu diperbaiki, jadi saat perbaikan ada korsleting sehingga menimbulkan api," kata Kepala Terminal Batoh Banda Aceh Heriyanto dilansir dari Antara. 

Ia mengatakan dua bus tersebut berjenis patas scania dan double decker milik Simpati Star. Di terminal, keduanya parkir berdekatan. Satu bus terbakar, apinya menjalar ke bus lainnya.

"Api pertama sekali muncul dari patas scania, apinya cepat menjalar sehingga tidak sempat lagi untuk melarikan bus yang double decker itu, jadi langsung terbakar," ujarnya.

Hariyono menyampaikan kedua bus yang terbakar tersebut masuk terminal guna mempersiapkan keberangkatan malam hari. Sebelum berangkat, dilakukan beberapa perbaikan.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Saat kebakaran, sopir bus sedang tidak berada dalam kendaraan. Hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui total kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh Rizha menyampaikan dalam proses pemadaman hingga pendinginan pihaknya menurunkan lima armada damkar.

Selama proses pemadaman, DPKP juga dibantu personel Polresta Banda Aceh, kodim, koramil setempat, serta relawan RAPI mengamankan lokasi kejadian.

"Tidak ada korban jiwa, penyebab kebakaran diduga dari korsleting, namun perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata dia.