Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Litbang Kompas merilis elektabilitas para tokoh untuk Pilkada Jawa Tengah. Hasilnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep unggul tipis dari Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi.

"Kaesang, yang juga putra Presiden Joko Widodo, (di posisi pertama) sebesar 7 persen dalam model jawaban terbuka (top of mind)," demikian hasil survei Litbang Kompas, Kamis, 18 Juli.

Sedangkan elektabilitas Kapolda Jateng Ahmad Luthfi berada pada posisi kedua dengan 6,8 persen.

Posisi di bawah Luthfi ditempati oleh mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dengan 3,2 persen, artis Raffi Ahmad 2,8 persen, Bupati Kendal Dico Ganinduto 2,6 persen, mantan Gubernur Jateng Bibit Waluyo 2,4 persen, dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi 2 persen.

Sementara itu, sejumlah tokoh lain yang elektabilitasnya diperhitungkan menjelang Pilkada Jateng adalah Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jateng Gus Yusuf Chudlori 1,2 persen, Ketua DPD PDI-P Jateng Bambang Wuryanto 1,2 persen, serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said 0,8 persen.

Sedangkan nama lainnya sebesar 6 persen dan yang tidak menjabat atau tidak tahu sebesar 64 persen.

Survei Litbang Kompas digelar pada 20-25 Juni 2024 dengan melibatkan 500 responden yang dipilih secara acak sederhana dari 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun margin of error survei berada di angka +/- 4,4 persen. Dengan tingkat kepercayaan 95 persen.