Bagikan:

SURABAYA - Bakal calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan telah mendapatkan tambahan partai pengusung untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024.

"Saya insyaallah akan mengambil rekomendasi besok (Kamis 18 Juli) di Jakarta," ujar Khofifah saat diwawancarai di kediamannya, Rabu 17 Juli.

Meskipun begitu, Khofifah enggan mengungkapkan partai mana yang akan memberikan rekomendasi tersebut. Namun, sinyal kuat tentang rekomendasi itu datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), karena partai ini sebelumnya mengindikasikan adanya komunikasi intens dengan petahana.

Diketahui, Khofifah-Emil telah mendapatkan rekomendasi dari tujuh parpol. Ketujuh partai itu, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menanggapi wacana pembentukan poros baru oleh PDIP dan PKB, Khofifah menyatakan dia tidak mempermasalahkannya. Baginya, setiap partai memiliki hak untuk mencalonkan siapa pun sebagai bacakada selama memenuhi syarat kursi di parlemen.

"Setiap orang punya hak untuk itu. Semua berhak untuk mencalonkan diri. Ini bagian dari proses demokrasi di mana semua pihak harus diberikan kesempatan yang sama. Dalam Pilkada 2024 ini, kita perlu membangun sinergisitas dengan semua yang terlibat," ujarnya.