Bagikan:

JAKARTA - Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi mendapat rekomendasi pengusungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Khofifah dan Emil kini telah diusung 7 partai politik (parpol) untuk kembali maju dalam Pilkada 2024, yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, PSI dan PKS. Satu parpol nonparlemen DPRD Jatim, yakni Perindo, juga ikut memberikan dukungan.

Jika ditotal, pasangan petahana ini telah mendapat pengusungan pada 62 kursi di DPRD Jatim dari ketujuh parpol tersebut. Jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi ambang batas pencalonan 20 persen atau 24 kursi di Pilkada Jatim.

"Mudah-mudahan kemenangan akan semakin dekat. Tentu berkat pertolongan Allah karena sinergitas di antara semua partai pengusung dan kader-kadernya akan menjadi kekuatan yang insyaallah akan dibukakan jalan kemudahan kemenangan oleh Allah SWT pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur 27 November yang akan datang," tutur Khofifah di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli.

Banyaknya parpol yang telah menyatakan pengusungnya ini, Khofifah mengaku dirinya dan Emil siap bekerja lebih keras agar bisa menang dalam kontestasi Pilkada 2024 di Jawa Timur.

"Mudah-mudahan kekuatan ini makin menjadi keberseiringan kami, makin termotivasi, makin semangat untuk kerja keras untuk tentu, kami berharap ada ridho barokah Allah untuk mengantarkan kemenangan kami sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim," ungkap Khofifah.

Menambahkan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku partainya tak berada pada barisan pengusung Khofifah-Emil dalam Pilgub 2018 lalu. Namun, Syaikhu mengakui partainya melihat pasangan tersebut terbukti bisa menjalankan pemerintahan daerah Jatim periode 2018-2023 dengan baik.

"Dalam proses perjalanan, kita lihat bahwa kinerja beliau dalam pemda ini bagus. Apalagi ada program eco pesantren, memberikan perhatian pada pondok pesantren, sekaligus memberdayakan ekonomi mereka. Tentu ini patut kita apresiasi," ucap Syaikhu.

"Melihat perkembangan Jawa Timur seperti itu, maka dari rekomendasi DPW, kami menyetujui untuk memberi amanah dalam proses pencalonan gubernur dan wakil gubernur bagi Khofifah-Emil," tambahnya.

Setelah pemberian rekomendasi pengusungan ini, Syaikhu mengaku akan langsung menginstruksikan jajaran Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jatim untuk bergerak memenangkan Khofifah-Emil saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.