Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan rekomendasi pengusungan kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dengan ini, Khofifah dan Emil kini telah diusung 7 partai politik (parpol) untuk kembali maju dalam Pilkada 2024, yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, PSI dan PKS. Terdapat satu parpol nonparlemen yang juga ikut mendukung pasangan ini, yakni Perindo.

Sehingga, jalan pasangan petahana tersebut kian mulus karena diusung mayoritas parpol di parlemen DPRD Jatim.

"Pada hari ini DPP PKS dapat menyerahkan secara langsung surat keputusan DPP PKS atas dasar hasil rapat DPTP pada 4 juli yang lalu hari ini sudah di SK-kan dan sudah kita berikan secara langsung kepada calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur, yaitu kepada Ibu Hj. Dr. Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur dan Mas Emil Dardak sebagai calon wakil gubernur," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli.

Dalam Pilgub Jatim 2018 lalu, PKS memang tak berada pada barisan pengusung Khofifah-Emil. Namun, Syaikhu mengakui partainya melihat pasangan tersebut terbukti bisa menjalankan pemerintahan daerah Jatim periode 2018-2023 dengan baik.

"Dalam proses perjalanan, kita lihat bahwa kinerja beliau dalam pemda ini bagus. Apalagi ada program eco pesantren, memberikan perhatian pada pondok pesantren, sekaligus memberdayakan ekonomi mereka. Tentu ini patut kita apresiasi," ucap Syaikhu.

"Melihat perkembangan Jawa Timur seperti itu, maka dari rekomendasi DPW, kami menyetujui untuk memberi amanah dalam proses pencalonan gubernur dan wakil gubernur bagi Khofifah-Emil," tambahnya.

Setelah pemberian rekomendasi pengusungan ini, Syaikhu mengaku akan langsung menginstruksikan jajaran Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jatim untuk bergerak memenangkan Khofifah-Emil saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Melanjutkan, Khofifah mengaku berterima kasih kepada PKS karena ikut merapat pada gerbong partai politik pengusungnya. Khofifah optimis dirinya dan Emil akan memenangkan Pilkada di Jawa Timur.

"Mudah-mudahan kemenangan akan semakin dekat. Tentu berkat pertolongan Allah karena sinergitas di antara semua partai pengusung dan kader-kadernya akan menjadi kekuatan yang insyaallah akan dibukakan jalan kemudahan kemenangan oleh Allah SWT pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur 27 November yang akan datang," tutur Khofifah.