Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra bakal berembuk dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar untuk membahas nama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur (cagub) yang akan diusung di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Saat ini, kata Dasco, pihaknya tengah melakukan survei terhadap beberapa nama, termasuk Lutfi.

"Untuk Jawa Tengah, kami juga pada saat ini sedang melakukan survei survei mengenai calon pilkada, dan kami akan berembuk dengan temen-temen koalisi seperti PAN, Golkar dan lain-lain untuk memajukan siapa yang akan dimajukan di Jateng, termasuk alternatif pak Lutfi," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni.

Diketahui sebelumnya, PAN akan mengusung Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga mauladi membenarkan hal tersebut.

"Benar, Partai Amanat Nasional secara resmi mengusung Pak Ahmad Luthfi untuk menjadi calon Gubernur Jawa Tengah 2024," kata Viva saat dikonfirmasi, Senin, 10 Juni.

Sementara Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) akan menyusul PAN untuk memberi dukungan terhadap Lutfi. Saat ini, Partai Golkar sedang melakukan pembahasan untuk mengerucutkan dukungan.

"Insya Allah masih proses pembahasan menuju ke sana (dukungan ke Kapolda Jateng)," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar Jateng M Iqbal, Senin, 10 Juni.

Iqbal mengungkapkan, Partai Golkar sedang memasuki tahapan survei yang pertama. Dalam survei tersebut, kata dia, nama Luthfi menjadi salah satu nomine yang layak.

 "Jadi nominator yang layak dan pantas diunggulkan menjadi calon pemimpin Jawa Tengah 2024-2029 mendatang," katanya.