Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei terkait preferensi masyarakat Jawa Tengah untuk mengukur elektabilitas para bakal Calon Gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jateng 2024.

Hasilnya, Andika Perkasa dan Witjaksono menjadi cagub-cawagub paling unggul di antara nama-nama lain yang berpotensi maju Pilkada Jateng. 

"Pada uji simulasi 5 nama calon gubernur yang disodorkan kepada responden untuk dipilih sebagai gubernur, jika pemilihan gubernur di gelar hari ini maka Andika Perkasa memperoleh dukungan sebanyak 34,7 persen," ujar Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis dalam keterangannya, Rabu, 24 Juli.

"Disusul Kaesang Pangarep 18,3 persen, Ahmad Luthfi 13,1 persen, Hendrar Prihadi 10,6 persen dan Taj Yasin 9,1 persen. Sementara tidak memilih 14,2 persen," sambungnya.

Togu menyampaikan, dinamika Pilgub Jateng baru-baru ini juga dikejutkan dengan munculnya figur muda untuk bersanding dengan tokoh-tokoh besar. Seperti nama Bupati Kenal, Dico Ganinduto dan pengusaha asal Pati, Witjaksono.

"Menjelang Pilgub Jateng 2024, namanya muncul sebagai calon kuat Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Tengah (Jateng). Hal ini bisa dilihat dari hasil paparan survei yang kami lakukan," kata Togu.  

"Saat dilakukan uji simulasi 5 nama bakal Cawagub, dan disodorkan pada responden untuk dipilih. Hasilnya, Witjaksono dipilih paling tinggi di angka 33,1 persen, lalu Kaesang Pangarep 29,4 persen, Sri Mulyani 10,6 persen, Yusuf Chudlori 7,1 persen, Dico Ganinduto 5,2 persen, dan tidak memilih 14,6 persen," lanjutnya. 

Pada simulasi dengan menyodorkan 9 nama kepada para responden, lanjut Togu, nama Witjaksono yang menjabat sebagai Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) itu masih berada di urutan teratas dengan angka 28,2 persen.

Disusul Taj Yasin Maimoen 18,5 persen, Sri Mulyani 10,3 persen, Kaesang Pangarep 7,4 persen, Heru Sudjarmoko 6,3 persen, Yusuf Chudlori 5,7 persen, Dico Ganinduto 5,2 persen, Achmad Husein 3,2 persen, Raffi Ahmad 1,3 persen, dan tidak memilih 13,9 persen.

"Pada simulasi 3 pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Andika Perkasa yang berpasangan dengan Witjaksono unggul dengan angka keterpilihan 39,7 persen," jelas Togu. 

"Disusul urutan kedua pasangan Kaesang Pangarep-M Yusuf Chudlori dengan angka 28,3 persen, ketiga Ahmad Lutfi-Taj Yasin dengan angka keterpilihan 16,2 persen, dan tidak memilih 15,8 persen," pungkasnya.

Survei LKPI digelar pada 9-19 Juli 2024 di Provinsi Jawa Tengah. Melibatkan 1.680 orang responden dengan kriteria usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Para responden yang dipilih dengan metode simple random sampling ini diwawancara secara tatap muka. Margin of error survei tercatat +/- 2,39 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.