Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem mendatangi kantor DPP PKS dengan membawa Ilham Akbar Habibie, bakal calon Gubernur Jawa Barat yang akan diusung di Pilkada 2024.

Kedatangan Ilham disambut oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Jajaran DPP NasDem yang turut mendampingi Ilham yakni Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Ketua DPP NasDem Bidang Pembangunan dan Infrastruktur Okky Asokawati, Ketua DPP Bidang Pemilih Pemula dan Milenial Lathifa Al Anshori, dan Sekretaris DPW Nasdem Jawa Barat M. Rachmat.

Hermawi mengaku NasDem membutuhkan parpol lain untuk berkoalisi dalam Pilgub Jabar tahun ini. Sehingga, NasDem mengajak PKS yang memiliki 19 kursi di Pileg DPRD Jabar untuk ikut mengusung Ilham. Lagipula, Hermawi memandang PKS cocok untuk kembali berkoalisi dengan NasDem seperti Pilpres 2024 lalu.

"Kedatangan kami disini untuk bersilaturahmi, saling melengkapi. PKS meskipun banyak sekali kursinya di Jawa Barat, tetap tidak cukup. Apalagi NasDem yang cuma 8. Jadi, kalau kita bisa mengulangi success story koalisi 01, kenapa tidak?" ungkap Hermawi di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli.

Menurut Hermawi, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi strategis bagi parpol untuk mengusung calon gubernur-wakil gubernurnya. Hermawi berharap PKS bisa segera menyatakan persetujuannya untuk berkoalisi di Pilgub Jabar.

"Kita juga sama-sama memperhatikan tenggang waktu yang semakin sempit. Oleh karena itu, menindaklanjuti pertemuan presiden PKS dengan Ketua Umum NasDem dua minggu yang lalu, tadi ditegaskan lagi kita akan segera mengerucutkan, mengkongkritkan, khususnya di Jawa Barat dan DKI," jelas Hermawi

"Jawa Barat ini kan kita harus kompatibel. PKS dengan kursi yang begitu banyak pun tidak cukup sendiri, apalagi NasDem. Jadi kita akan terus membangun kebersamaan ini sampai pada titik kita punya kesepakatan bersama," tambahnya.

Melanjutkan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengaku partainya masih akan mendetailkan kesepakatan koalisi bersama NasDem di Pilkada Jabar.

Alasan PKS belum resmi menyatakan dukungannya pada Ilham di Pilgub 2024 provinsi Jabar karena PKS menginginkan ada kesamaan arah politik dalam pilkada di Jabar dan DKI Jakarta.

"Jawa Barat ini akan sangat terkait relasinya dengan DKI. Oleh karena itu, juga memutuskan Jawa Barat ini mungkin nanti akan terkait juga dengan memutuskan hal-hal yang di DKI. Sekali lagi, ini kita akan dalami lebih lanjut dalam pembahasan-pembahasan ke depan," urai Syaikhu.