Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim mengaku akan mendatangi partai politik lain untuk menyodorkan Ilham Akbar Habibie untuk didukung sebagai calon Gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024.

NasDem sudah mendekatkan Ilham itu PKS. Rencananya, NasDem juga akan membawa Ilham kepada Partai Golkar. Meskipun, Golkar digadang bakal mengusung kadernya yang juga mantan gubernur, Ridwan Kamil, untuk kembali maju di Pilgub Jabar.

"Habis dari sini (PKS) nanti kita pikirkan lagi beliau akan ke mana. Beliau juga kan dari keluarga besar Golkar, kita akan bawa Ilham dengan menyesuaikan jadwal yang sudah disusun kawan-kawan Jawa Barat," kata Hermawi ditemui di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli.

Pada dasarnya, Hermawi menyebut NasDem tetap terbuka pada partai politik manapun yang berminat untuk gabung dalam koalisi mengusung putra Presiden ke-3 B.J. Habibie itu di Pilgub Jabar.

"Ilham ini kan dari tokoh nasional, ia terbuka dan berdialog dengan siapa saja. Kami dengan semua partai oke," tutue Hermawi.

Hari ini, NasDem mendatangi kantor DPP PKS dengan membawa Ilham Akbar Habibie, bakal calon Gubernur Jawa Barat yang akan diusung di Pilkada 2024.

Hermawi mengaku NasDem membutuhkan parpol lain untuk berkoalisi dalam Pilgub Jabar tahun ini. Karenanya, NasDem mengajak PKS yang memiliki 19 kursi di Pileg DPRD Jabar untuk ikut mengusung Ilham. Lagipula, Hermawi memandang PKS cocok untuk kembali berkoalisi dengan NasDem seperti Pilpres 2024 lalu.

"Kedatangan kami di sini untuk bersilaturahmi, saling melengkapi. PKS meskipun banyak sekali kursinya di Jawa Barat, tetap tidak cukup. Apalagi NasDem yang cuma 8. Jadi, kalau kita bisa mengulangi success story koalisi 01, kenapa tidak?" ungkap Hermawi.

Menurut Hermawi, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi strategis bagi parpol untuk mengusung calon gubernur-wakil gubernurnya. Hermawi berharap PKS bisa segera menyatakan kesetujuannya untuk berkoalisi di Pilgub Jabar.

"Kita juga sama-sama memperhatikan tenggang waktu yang semakin sempit. Oleh karena itu, menindaklanjuti pertemuan presiden PKS dengan Ketua Umum NasDem dua minggu yang lalu, tadi ditegaskan lagi kita akan segera mengerucutkan, mengkongkritkan, khususnya di Jawa Barat dan DKI," jelas Hermawi.

"Jawa Barat ini kan kita harus kompatibel. PKS dengan kursi yang begitu banyak pun tidak cukup sendiri, apalagi NasDem. Jadi kita akan terus membangun kebersamaan ini sampai pada titik kita punya kesepakatan bersama," tambahnya.