Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem semakin yakin untuk mengusung putra sulung Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengklaim elektabilitas Ilham Habibie jelang pencalonan Pilkada 2024 terus meroket.

"Sekarang temen-temen bisa lihat gimana kenaikan signifikan dari Pak Ilham di Jawa Barat seperti meteor, naiknya signifikan. Ini belum sebulan, ya, tapi kenaikannya sangat signifikan," kata Willy di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Juni.

Respons publik dalam melihat sosok Ilham sebagai calon kepala daerah di Jawa Barat, diklaim Willy, juga cukup progresif.

"Tentu ini menjadi modal yang kuat bagi Pak Ilham sendiri dalam kontestasi Pilkada di November nanti," ungkap dia.

Di satu sisi, NasDem juga terus menjalin komunikasi dengan partai politik untuk membangun koalisi pengusungan Ilham di Pilgub Jabar.

Komunikasi paling intensif dijalin NasDem dengan PKS dan PKB. Bahkan, kedua partai yang sebelumnya berkoalisi dalam Pilpres 2024 dengan NasDem ini sudah memberi sinyal untuk ikut mengusung Ilham.

"Kalau di Jawa Barat, insyaallah kita berkoalisi dengan PKS dan PKB. Kalau Jakarta on proses, bisa iya bisa tidak," jelas Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim di lokasi yang sama.

Partai NasDem berencana mengusung Ilham Akbar Habibie dengan memberikan surat rekomendasi untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024.

Sebelumnya, saat pemberian rekomendasi untuk maju Pilgub Jawa Barat, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku belum memutuskan apakah Ilham akan diusung menjadi calon gubernur atau calon wakil gubernur.

Hal ini akan ditentukan setelah NasDem menjalin koalisi pengusungan dengan parpol lain di provinsi tersebut.

"Nah kita lihat situasi lapangan. Tapi probabilitynya saya pikir tergantung apa yang terbaik, seobjektif mungkin dalam penilaian melihat medan lapangan," tutur Surya.