Bagikan:

JAKARTA - Partai Golkar dan Partai Gerindra sepakat menduetkan Bobby Nasution dengan Surya di Pilgub Sumatera Utara 2024, di tengah usulan PKB yang menyodorkan nama Nagita Slavina. 

PKB tak masalah apabila Bobby dipasangkan dengan Surya yang menjabat sebagai Bupati Asahan.

Namun, partai yang diketuai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu menyarankan agar menantu Presiden Joko Widodo itu memilih cawagub seorang perempuan. 

"Ya enggak ada masalah bagi PKB. Yang jelas PKB mengusulkan kalau bisa tokoh perempuan gitu," ujar Waketum PKB, Jazilul Fawaid, Rabu, 17 Juli.

Jika keterwakilan perempuan tak mengambil tempat sebagai cawagub Sumut, menurut Jazilul, parpol di Sumut termasuk PKB gagal mengkader perempuan. 

"Berarti partai-partai di Sumatera Utara termasuk di PKB gagal untuk mengkader perempuan gitu," katanya. 

Kendati demikian, Jazilul tak menutup pintu bagi pasangan Bobby-Surya. Persoalan cawagub, kata dia, akan diputuskan bersama sama setelah parpol koalisi duduk bersama. 

"Setelah duduk bersama lah (soal cawagub)," ucapnya. 

"PKB intinya ingin wakilnya perempuan gitu. Kalau Pak Surya yang dimaksudkan, Pak Surya kan laki-laki, siapa tahu di tengah jalan ada juga yang usul kader perempuan di luar Mbak Nagita, tokoh di partai di masih Sumatera Utara," pungkasnya.