Bagikan:

JAKARTA - Wali kota Medan yang juga bakal calon gubernur Sumatera Utara Bobby Nasution mengaku ingin memilih tokoh perempuan sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Pernyataan ini diungkapkan Bobby setelah mendapatkan surat rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju pada Pilgub Sumut 2024. Penyerahan surat rekomendasi pencalonan Bobby Nasution dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Senen, Jakarta Pusat, Kamis 4 Juli.

"Sesuai dengan apa yang disampaikan tokoh-tokoh NU di Sumatera Utara, agar wakil yang mendampingi saya adalah tokoh perempuan. Karena isu ini menjadi isu sentral untuk membangun sumber daya manusia yang unggul guna mencapai Indonesia Emas 2045. Tokoh perempuan sektor perempuan dianggap sangat penting untuk menyukseskan Indonesia Emas 2045," ucap Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku merasa terhormat mendapat dukungan dari PKB. Ia menilai dukungan dari PKB menjadi amanah untuk membangun Sumatera Utara jika terpilih sebagai gubernur untuk periode 2024-2029.

"Izinkan saya untuk menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada PKB yang telah memberikan tugas dan amanah kepada saya untuk menjadi bakal calon gubernur Sumatera Utara periode 2024-2029. Tentunya, apa yang disampaikan dari PKB sampai dengan waktu yang tadi siang diberikan kepada saya secara pribadi untuk membangun Sumatera Utara ini akan kita pegang teguh," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut partainya berharap Bobby Nasution memilih tokoh perempuan sebagai pendamping dalam Pilgub Sumut 2024. PKB berharap Bobby akan berduet dengan seorang wanita yang dipercaya mampu mendongkrak elektabilitasnya.

"Kami berharap wakilnya juga bisa mendongkrak elektabilitas Mas Bobby, kalau bisa dari unsur perempuan atau tokoh di Sumatera Utara," kata Jazilul.

Ia menyebut pendamping Bobby Nasution akan dibahas oleh partai-partai koalisi pendukung pada Pilgub Sumut 2024.

"Wakilnya nanti akan diputuskan bersama partai-partai koalisi yang akan mengusung Mas Bobby. Setahu saya, ada PKB, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN, Demokrat, dan PPP. Jadi, ini koalisi besar, koalisi super, yang menunjukkan bahwa cahaya kemenangan ada di Mas Bobby bersama PKB dan partai pengusung lainnya," tambahnya.