Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap sejumlah nama calon kepala daerah yang akan diusung partainya pada Pilkada 2024 mendatang.

Keputusan terkait nama-namanya tersebut sudah melalui survei, pendalaman dan persetujuan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. 

"Pak Prabowo juga selalu mendengar apa kata tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh profesi dan tokoh-tokoh di daerah tentang siapa yang layak untuk memimpin menjadi calon gubernur, wakil gubernur, bupati wakil bupati dan wali kota serta wakil wali kota," ujar Muzani, Selasa, 16 Juli.

Prabowo, lanjutnya, juga mempertimbangkan pandangan internal dan partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM). Karenanya diputuskan untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur yang maju pada Pilkada Sulawesi Tengah (Sulteng) yakni pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Al Jufri. 

"Kemudian Jawa Timur, seperti yang saudara ketahui bersama calon gubernur kita adalah Hj. khofifah Indar Parawansa dengan wakil saudara Dr. H. Emil Dardak," ungkap Muzani. 

Sementara untuk Pilkada Banten, Gerindra mengusung pasangan Andra-Soni-Dimyati Natakusumah. Untuk Pilkada Sumatera Barat, Gerindra mendukung Vasco Husaini sebagai calon wakil gubernur. 

"Sumatera Utara Pak Prabowo telah mengambil keputusan yakni saudara Muhammad Bobby Afif Nasution dengan wakil saudara, Surya," jelas Muzani.

Kemudian untuk Pilkada Kalimantan Timur, Gerindra mengusung Rudi Masud-Seno Adji. Pilkada Riau mendukung pasangan M. Nasir-M.Wardan. Untuk Pilkada Kepulauan Bangka Belitung yakni pasangan Erzaldi Rosman Johan-Yuri Kemal Fadlullah.

"Selanjutnya adalah Nusa Tenggara Barat, calon gubernur yang diputuskan oleh Pak Prabowo adalah Lalu Muhammad Iqbal dengan wakil Indah Damayanti Putri. Kemudian Kalimantan Selatan, keputusannya adalah calon gubernur adalah Raudhatul Jannah dengan wakil Rosaini Himawan Nugraha," kata Muzani. 

Di Pilkada Kalimantan Utara, Prabowo telah mengambil keputusan untuk mengusung Zainal Arifin Paliwang dan Ingkong Ala sebagai pasangan cagub dan cawagub. Pilkada Papua Barat mengusung Domingus Mandacan-Muhammad Lakotani. 

"Pilkada Lampung, calon gubernurnya adalah Rahmat Mirzani Jausal. Sulawesi Utara, calon gubernurnya adalah Mayjen TNI Purnawirawan Yulius Selvanus. Sulawesi Tenggara, calon gubernurnya adalah Mayjen TNI Purnawirawan Andi Sumangeruka," kata Muzani. 

"Itulah beberapa nama calon gubernur dan wakil gubernur yang telah diputuskan oleh Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang akan maju dalam Pilkada 27 November yang akan datang," imbuhnya.