Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra menyatakan nama calon gubernur untuk Pilkada Jakarta akan diumumkan sebelum 17 Agustus 2024. Kompak dengan Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) juga bakal mengumumkan cagub yang diusungnya pada Agustus mendatang. 

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan partainya akan memutuskan bakal cagub yang akan diusung di Pilgub Jakarta pada awal Agustus 2024.

"Awal Agustus kira-kira," ujar Viva saat dihubungi, Selasa, 23 Juli.

Viva belum memberi kisi-kisi cagub yang akan diusung PAN. Namun Viva mengatakan, PAN telah menyiapkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani sebagai calon wakil gubernur. 

"PAN sudah punya calon, kader sendiri, namanya Zita Anjani sebagai bakal calon wakil gubernur," katanya.

Kendati demikian, Viva menuturkan, PAN akan menggelar rapat untuk menentukan pasangan calon yang akan diusung bersama partai politik koalisi. Sebab kata dia, PAN tidak bisa mengusung pasangan calon sendirian di Pilgub Jakarta. 

"Soal paslon, nanti diputuskan secara bersama-sama dari parpol koalisi," ungkap Viva.

"Karena PAN tidak bisa mengusung sendirian maka mesti kerja sama atau berkoalisi dengan partai politik lain," lanjutnya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan pasangan cagub dan cawagub dari KIM akan diumumkan pada Agustus mendatang. 

Saat ini, pihaknya tengah mengkaji siapa sosok yang akan dicalonkan pada Pilgub Jakarta dan Pilgub Jawa Barat.

"Ya bisa last minute, bisa sebelum 17-an," kata Muzani di Senayan, Jakarta, Senin, 22 Juli.