Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat merespons rumor pencalonan Waketum Gerindra Budisatrio Djiwandono dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk Pilkada Jakarta 2024. 

Demokrat menyambut dengan tangan terbuka jika Budisatrio ingin maju sebagai calon gubernur Jakarta. 

"Bagi siapa pun kami buka. Mas Budi, kami welcome," ujar Ketua BPOKK Demokrat Herman Khaeron, Kamis, 30 Mei. 

Herman menilai, nama Budisatrio potensial untuk diusung sebagai cagub pada Pilkada Jakarta November mendatang. Namun untuk wakilnya, Demokrat tengah mempersiapkan nama lain untuk menjadi cawagub. 

"Mas Budi punya potensi, pasangannya siapa? Saya kira punya potensi untuk maju di Pilgub Jakarta. Termasuk Demokrat sedang mempersiapkan lah termasuk kami mempersiapkan cawagub," jelas Herman.

"Apakah kepastiannya nanti pasangannya siapa-siapa ya tergantung partai partai. Antara partai pengusung dan partai pengusung siapa yang tepat," lanjutnya. 

Meski begitu, Demokrat tetap membuka penjaringan bagi Budi dan Kaesang jika ingin mendaftar sebagai pasangan cagub dan cawagub usungannya. 

"Semua punya potensi, tentu tokoh-tokoh, apakah tokoh senior, apakah tokoh pemerintahan, tokoh-tokoh muda tentu semuanya yang diangkat ke permukaan sebagai tokoh yang berpotensi untuk memimpin DKJ," katanya.

"Terkait nama itu (Budi-Kaesang) mungkin saja menjadi kandidat yang diusung partai lain. Kalau pada akhirnya daftar ke Demokrat, kita tunggu. Nanti keputusan apa yang akan Demokrat berikan," sambung Herman. 

Herman menuturkan, dalam dua hingga tiga hari ke depan Demokrat akan menyampaikan nama yang akan diusung Demokrat pada Pilkada Serentak 2024. 

"Nanti kan baru akan ada pembicaraan lintas partai untuk pembicaraan koalisi sebagai kendaraan maju di pilgub. Nah itu baru kita bisa melihat," tutup Herman.