Bagikan:

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Capim dan Dewan Pengawas KPK mengungkap sudah 468 pendaftar yang menyertakan dokumen. Latar belakangnya dari berbagai instansi.

“(Pihak yang, red) mendaftar dari ASN, akademisi, aparat penegak hukum, lembaga negara, swasta, praktisi,” kata Wakil Ketua merangkap Anggota Pansel Capim dan Dewas KPK Arif Satria melalui keterangan video, Senin, 15 Juli.

Arif kemudian memerinci dari 468 pendaftar, 280 orang mendaftar sebagai calon pimpinan. “Laki-laki 261 orang, 21 perempuan,” tegasnya.

Sementara untuk pendaftar calon dewan pengawas saat ini mencapai 188 orang. “Dengan komposisi 167 laki-laki dan 21 perempuan,” ujar Ari

Saat ini Pansel Capim dan Dewas KPK masih menunggu pendaftar lainnya. Apalagi, ada 844 orang yang telah melakukan pendaftaran dalam situs mereka.

“Pendaftaran akan ditutup hari ini pukul 23.59 WIB,” jelasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran capim dan calon dewas KPK dibuka selama 20 hari, yaitu pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024. Pendaftar harus terlebih dahulu membuat akun di laman https://apel.setneg.go.id/.

Mereka akan melalui proses pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya. Kemudian, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diteruskan ke DPR.