Bagikan:

JAKARTA - Hakim federal yang menangani kasus mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan dakwaan terkait kasus dokumen rahasia pemerintah.

Dilansir CBS News, Senin, 15 Juli,  Hakim Distrik AS Aileen Cannon mengatakan dalam perintah setebal 93 halaman, pihaknya mengabulkan permohonan Trump untuk membatalkan dakwaan pendanaan yang melanggar hukum dan penunjukan jaksa khusus Jack Smith, yang mengajukan dakwaan terhadap mantan presiden tersebut.

Trump menghadapi 40 dakwaan karena menangani dokumen yang dianggap rahasia setelah meninggalkan jabatannya dan diduga menghalangi penyelidikan Departemen Kehakiman.

Pencabutan kasus tersebut merupakan awal pekan yang menakjubkan bagi mantan presiden tersebut, yang menjadi sasaran upaya pembunuhan dalam kampanye umum di Butler County, Pennsylvania.

Trump mengatakan peluru mengenai telinganya saat dia berpidato di depan massa pendukungnya. Pria bersenjata itu, yang diidentifikasi oleh FBI sebagai Thomas Matthew Crooks yang berusia 20 tahun, dibunuh oleh Dinas Rahasia.

Trump siap untuk secara resmi menerima nominasi presiden dari Partai Republik pada konvensi partai tersebut di Milwaukee, yang akan dimulai pada hari ini.

Donald Trump dan tim hukumnya sebelumnya meminta hakim federal untuk membatalkan dakwaan berdasarkan kekebalan presiden dan konstitusionalitas terkait kasus dokumen rahasia pemerintah.

Mosi dari Trump dan pengacaranya termasuk di antara pengajuan yang mereka serahkan kepada Hakim Distrik AS Aileen Cannon pada Jumat, 5 Juli, yang mengutip keputusan Mahkamah Agung.

MA menyatakan mantan presiden itu berhak mendapatkan kekebalan dari tuntutan federal atas tindakan resmi yang diambil saat mereka berada di Ruang Oval.

Trump dan tim hukumnya berargumen penundaan sebagian tersebut didasarkan pada alasan pengadilan tinggi dalam kasus tersebut, yang muncul dari tuntutan Trump oleh Smith di Washington, D.C., terkait dengan pemilu tahun 2020.

“Penyelesaian pertanyaan ambang batas ini diperlukan untuk meminimalkan dampak buruk terhadap institusi kepresidenan yang timbul dari penyelidikan dan penuntutan yang tidak konstitusional ini,” kata pengacara Todd Blanche, Emil Bove dan Chris Kise dalam pengajuannya dilansir CBS News, Sabtu, 6 Juli.

“Penundaan sebagian juga merupakan tindakan yang tepat untuk mencegah eksploitasi lebih lanjut terhadap institusi dan sumber daya peradilan oleh personel Cabang Eksekutif sehubungan dengan kampanye penegakan hukum yang memalukan,” ujarnya.

Trump meminta Cannon pada Februari untuk membatalkan tuduhan yang diajukan terhadapnya dengan alasan dia berhak atas kekebalan presiden.