Bagikan:

JAKARTA - Polri merekrut 45 orang calon perwira yang akan dipersiapkan khusus untuk memerangi kejahatan siber.

Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia atau As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo menyebut perekrutan melalui jalur SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana).

"45 Calon perwira ini terdiri dari 38 pria dan 7 wanita. Mereka direkrut dengan jalur SIPSS," ujar Dedi dalam keterangannya, Jumat, 12 Juli.

Puluhan calon perwira ini memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan memiliki kemampuan di bidang siber. Kendati demikian, mereka tetap mesti menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian, Semarang.

"Mereka memiliki kemampuan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Desain Komunikasi Visual, Agen/Teknologi/Siber/Ekonomi Intelejen, Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi dan Keamanan Siber," sebutnya

"Jadi 45 calon perwira ini kami rekrut secara reguler dan proaktif," sambung Dedi.

Langkah ini dilakukan sebagai penguatan personel di bidang teknologi dan informasi, sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminya Korps Bhayangkara mampu menghadapi tantangan ke depan.

Tantangan yang dimaksud yakni kejahatan atau gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) tak hanya terjadi di lapangan, tetapi juga di dunia virtual.

"SSDM Polri, sesuai tugas dan fungsinya, dan tentunya sesuai arahan Bapak Kapolri, merekrut personel untuk memperkuat kemampuan memerangi kejahatan siber," kata Dedi.