Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Inggris Keir Starmer bakal memberikan hadiah jersey klub favoritnya Arsenal FC kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Hadiah itu sebagai simbol mempererat hubungan Inggris-AS.

Jersey itu akan dibubuhi nomor punggung 46, mengacu pada daftar nama Biden dalam urutan menjadi presiden AS. Dalam waktu dekat, jersey itu akan diserahkan melalui pejabat Inggris kepada staf Gedung Putih.

"Itu adalah tim favoritnya dan dia pikir itu akan menjadi hadiah pribadi,” kata soerang pejabat senior Inggris di Downing Street, dikutip dari Independent.

Starmer yang juga pemimpin Partai Buruh Inggris merupakan pemegang tiket musiman Arsenal. Starmer berharap hadiahnya itu bisa dipersonalisasi memperkuat "hubungan yang sangat istimewa” antara Inggris dan AS.

Rencana pemberian hadiah ini diungkapkan Starmer saat bertemu Biden di Ruang Oval, tempat kerja resmi Presiden AS di Washington, Rabu 10 Juli waktu setempat.

Awalnya Starmer dan Biden berbincang tentang kiprah Timnas Inggris dalam ajang Euro 2024. Biden bertanya, "apakah sepak bola akan pulang ke rumah?" --ungkapan sepak bola kembali ke Inggris, di mana permainan itu ditemukan.

"Sepertinya begitu," jawab Starmer.

“Itu karena Anda Perdana Menteri,” jawab Biden.

Dalam pertemuan perdananya kepada Starmer ini, Biden kemudian mengatakan AS dan Inggris merupakan sekutu terbaik.

Kedatangan Starmer ke AS ini sekaligus untuk menghadiri puncak peringatan HUT ke-75 NATO.

Starmer lantas mengucapkan selamat kepada Biden karena sukses enjadi tuan rumah perayaan tersebut. Di hadapan Biden, Starmer mengatakan NATO merupakan organisasi aliansi militer antar banyak negara terkuat.

“NATO lebih besar, NATO lebih kuat, dan NATO jawaban yang kita perlukan,” kata PM Inggris usia 61 tahun itu.