Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim merespons Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang mulai melakukan safar politik jelang pencalonan Pilkada 2024.

Kaesang sebelumnya menyambangi markas Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kaesang disebut akan melanjutkan safar politiknya ke Partai Golkar.

Menurut Hermawi, kunjungan yang dilakukan Kaesang merupakan hal biasa. Manuver politik Kaesang memang dianggap Hermawi mencuri perhatian hanya karena dia merupakan putra Presiden Joko Widodo.

"Kaesang sebagai seorang anak muda warga negara Indonesia, menurut saya dia juga berhak untuk menyosialisasikan dirinya, ya kan? Itu biasa saja. Hanya menarik perhatian karena dia anak Presiden, jelang pilkada," kata Hermawi di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli.

Sejauh ini, Hermawi mengaku belum ada jadwal pertemuan antara Kaesang dengan elite NasDem. Hanya saja, NasDem dan PSI telah membangun komunikasi berkaitan dengan Pilkada 2024.

"Komunikasi pasti terjalin karna dalam pilkada ini juga cukup banyak komunikasi calon-calon, yang calon di NasDem, calon di PSI. Ya seperti di partai-partai lain saja," urai Hermawi.

Lebih lanjut, Hermawi mengungkapkan nama Kaesang masuk dalam salah satu tokoh yang dipertimbangkan untuk diusung sebagai calon kepala daerah. Hanya saja, NasDem juga belum menentukan daerah mana yang berpeluang bagi partainya untuk mengusung Kaesang.

"Semua potensial bangsa kita pertimbangkan. Kita kumpulkan semua bahannya, kita kumpul komentar-komentarnya, nanti kita plenokan," ungkap dia.

Pada Senin, 8 Juli lalu, Kaesang dan jajaran PSI menyambangi Kantor DPP PKS. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengungkap isi pertemuan kedua partai tersebut. Mardani mengungkapkan, Kaesang menyambangi markas PKS sebagai silaturahmi awal mengingat kedua parpol sudah berkolaborasi di beberapa daerah jelang Pilkada 2024.

Namun Mardani mengakui, PKS menawarkan kepada Kaesang agar PSI mendukung pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta.

"Mas Kaesang datang ke DPP kami tentu sambut, namanya komunikasi politik dan ini pertemuan awal jadi lebih banyak kepada silaturahim awal. Tapi kita menawarkan pada mas Kaesang agar PSI bisa mendukung Anies Baswedan dan Sohibul Iman," ujar Mardani di Kompleks Parlemen, Selasa, 9 Juli.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya juga akan bertemu dengan Kaedang pada Kamis 11 Juli 2024 sore. Dijadwalkan pertemuan akan digelar pada pukul 17.00 WIB di DPP Golkar.

Menurut Airlangga, pembahasan pertemuan nanti adalah soal Pilkada 2024. Airlangga siap memasang telinga untuk mendengarkan rencana politik dari putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut.

"Kita belum dengar. Saya belum dengar, belum ketemu, jadi besok (hari ini) kita dengar," ungkap Airlangga di Kompleks Kepresidenan Jakarta, Rabu 10 Juli.