Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi banyaknya partai politik (parpol) yang telah menyatakan dukungan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju Pilgub Sumatera Utara (Sumut).

Muncul anggapan mulusnya jalan bagi Bobby untuk mendapat rekomendasi pengusungan partai karena statusnya sebagai menantu Jokowi.

Namun, Jokowi tak menganggap demikian. Menurut Jokowi partai politik (parpol) mampu menjaring siapa yang pantas diusung di Pilkada 2024.

"Tanyakan partai-partai. Partai-partai itu pintar-pintar. Biasanya yang dilihat elektabilitas," ungkap Jokowi usai mengunjungi RSUD Bob Bazar, Lampung Selatan, Kamis, 11 Juli.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang tengah mendampingi Jokowi langsung menimpali. Menurut Ketua Umum PAN tersebut, partainya ikut mengusung Bobby karena melihat potensi kemenangan.

"Kita pilih yang menang, dong," kata Zulhas.

Jokowi kembali menekankan bahwa parpol pasti menjadikan elektabilitas seorang tokoh sebagai pertimbangan pengusungan.

"Yang dilihat biasanya elektabilitas. Partai itu pintar-pintar, apalagi ketuanya," tambah Jokowi.

Diketahui, sejauh ini Bobby Nasution sudah mengantongi dukungan resmi dari DPP Golkar dan DPP PKB. Sementara yang sudah menyatakan sinyal dukungan yakni PAN, Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Gerindra.