Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan melakukan verifikasi faktual terhadap lebih dari 721 ribu warga pendukung bakal pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta jalur perseorangan, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana.

Ketua Divisi Teknis KPU DKI Dody Wijaya menyebut, dalam proses verifikasi faktual, jajaran KPU di Jakarta akan mengecek kebenaran identitas warga yang mendukung Dharma-Kun sebagai bakal cagub-cawagub independen.

Selain itu, ratusan ribu warga yang identitasnya telah dikumpulkan Dharma-Kun akan ditanya oleh KPU terkait kebenaran dukungan bakal paslon tersebut untuk maju Pilkada 2024 di Jakarta.

Verifikasi faktual akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Juli hingga 21 Juli 2024.

"Akan ada petugas verifikator faktual Komisi Pemilihan Umum dengan identitas sebagai verifikator. Mohon untuk dibukakan pintu kepada bapak-ibu, RT-RW, kami akan mendatangi dari rumah ke rumah sejumlah 721 ribu warga pendukung yang lolos verifikasi administrasi untuk akan kami lakukan verifikasi faktual," kata Dody di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu, 10 Juli.

Dody menuturkan, verifikasi faktual ini dilakukan setelah KPU menetapkan pasangan Dharma-Kun lolos verifikasi administrasi perbaikan dokumen pendukung bakal pasangan calon perseorangan.

“Verifikasi dokumen perbaikan pasca putusan bawaslu telah dilakukan KPU DKI mulai tanggal 5 Juli dan selesai pada 9 Juli 2024 melalui Silon (Sistem Informasi Pencalonan)” ucap Dody.

Tahapan verifikasi administrasi adalah tahapan melakukan pengecekan keabsahan dan kebenaran dokumen syarat dukungan baik itu surat pernyataan dukungan, KTP-el, kesesuaian data yang di input di Silon, maupun surat pernyataan identitas bagi pendukung yang pada KTP-el memiliki status pekerjaan sebagai anggota TNI, Polri, ASN, Perangkat Desa, maupun usia belum 17 tahun namun sudah kawin.

“Dari data yang sudah diverifikasi, sebanyak 721.221 dinyatakan memenuhi syarat (MS) yang tersebar di 6 kabupaten/kota se-DKI Jakarta, data dukungan yang MS melebihi dari dukungan minimal sebanyak 618.968 orang yang telah ditetapkan. Sehingga status verifikasi administrasi bakal pasangan calon perseorangan dinyatakan memenuhi syarat” tutur Dody.

Sementara itu, Dharma Pongrekun mengaku bersyukur dirinya dan Kun Wardana telah lolos tahapan verifikasi administrasi dalam proses pencalonannya. Namun, Dharma berharap bisa lolos verifikasi faktual demi memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai cagub-cawagub DKI Jakarta.

"Walaupun kami tidak tahu ujungnya seperti apa, tetapi kami percaya, kalau kita berjalan di jalan tuhan, tuhan sendirilah yang akan membuka jalan bagi kami," ungkap Dharma.