Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bersikap adil dan netral pada Pilkada 2024.

"KPU harus menjalankan tugas dan fungsi kewenangannya dengan netralitas dan integritas, serta menjamin hak pilih setiap warga," kata Hadi saat memberikan sambutan dalam acara "Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera," Selasa 9 Juli dikutip dari ANTARA.

Hadi juga mengingatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk bersikap netral selama Pilkada 2024.

Menurut Hadi, lembaga-lembaga ini memiliki peran penting dalam memfasilitasi masyarakat yang ingin menggunakan hak pilih mereka.

Menko Polhukam menegaskan bahwa lembaga-lembaga independen ini memiliki hak dan wewenang untuk menjalankan peraturan pemilu sesuai undang-undang yang berlaku. Hadi menekankan pentingnya independensi KPU untuk menciptakan iklim demokrasi yang sehat dalam pemilu.

Hadi juga meminta Bawaslu dan DKPP untuk mengawasi KPU dan seluruh peserta pemilu dengan ketat.

Dengan sinergi antara KPU, Bawaslu, dan DKPP, Hadi meyakini Pilkada 2024 akan berjalan aman dan lancar.

"Kita harus memastikan bahwa pilkada berjalan aman dan damai dengan menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan," ujarnya.