Ditjen Hubdat Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Lewat Program Padat Karya
Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi (dok. Humas Kemenhub)

Bagikan:

SIDOARJO - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar program Padat Karya di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Trosobo, Sidoarjo, Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional selama pandemi COVID-19. 

“Padat Karya ini untuk menjalankan amanat Bapak Menteri Perhubungan. Ini juga merupakan arahan Bapak Presiden karena selama pandemi Covid-19 banyak masyarakat kesulitan dalam mencari mata pencaharian. Minimal dengan program Padat Karya ini melalui kegiatan pemeliharaan yang melibatkan masyarakat sekitar akan sangat membantu sekali,” kata Dirjen Budi dalam keterangan resminya, Rabu, 17 Maret.

Program Padat Karya ini merupakan salah satu tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pemulihan ekonomi nasional. Dalam kegiatan Padat Karya kali ini melibatkan 75 orang, terutama masyarakat di sekitar UPPKB Trosobo, Sidoarjo, sehingga Dirjen Budi berharap manfaat program Padat Karya ini benar-benar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Saya mengapresiasi kepada BPTD Wilayah XI Provinsi Jatim yang mengadakan kegiatan Padat Karya di UPPKB Trosobo. Dalam Padat Karya pekerjaannya tidak butuh keterampilan khusus sehingga siapa saja bisa melakukannya,” ucap Dirjen Budi.

Senada dengan Dirjen Budi, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur, Tonny Agus Setiono mengharapkan dengan kegiatan Padat Karya kali ini mampu memupuk kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat serta meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat. 

“Kegiatan Padat Karya di BPTD Wilayah XI pada tahun 2021 berjumlah 60 kegiatan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 8.629 orang. Peserta yang ikut kegiatan Padat Karya ini berasal dari masyarakat sekitar UPPKB Trosobo dan kegiatan akan dilaksanakan 3 hari ke depan hingga tanggal 19 Maret yaitu berupa pengecatan kerapihan taman dan rumput,” urai Tonny.