Bagikan:

JAKARTA - Selama pertemuan pribadinya dengan gubernur dari Partai Demokrat di Gedung Putih, Presiden AS Joe Biden mengatakan dirinya telah menjalani pemeriksaan kesehatan setelah debat pekan lalu. Biden memastikan dalam kondisi kesehatan yang baik.

Salah satu sumber yang mengetahui jadwal presiden mengatakan kepada ABC News, presiden melakukan pemeriksaan dengan dokter Gedung Putih "beberapa hari" setelah debat karena flu. Orang itu mengatakan itu adalah ujian "singkat" yang tidak mencakup ujian besar apa pun.

Orang lain yang mengetahui percakapan tersebut selama pertemuan tersebut mengatakan Biden telah menyampaikan kepada gubernur dari Partai Demokrat, dia dalam keadaan sehat.

Sebelumnya pada Rabu, 4 Juli, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre ditanya soal pemeriksaan keesehatan Biden usai menjalani tes kesehatan fisik terakhirnya pada Februari.

"Kami dapat berbicara dengan dokternya tentang hal itu, dan itu tidak boleh dilakukan," katanya.

Ketika ditanya lagi apakah dia menjalani "pemeriksaan kesehatan apa pun", dia menjawab, "Tidak."

Diberitakan sebelumnya, Joe Biden berjanji untuk tetap maju dalam pemilihan presiden 2024.

Presiden Biden menelepon anggota tim kampanyenya yang khawatir dan memberi tahu mereka dirina tidak akan ke mana-mana, menurut dua sumber yang mengetahui panggilan telepon tersebut.

"Saya maju," kata Biden, seraya menambahkan ia tetap menjadi pemimpin Partai Demokrat dan tidak akan disingkirkan dari persaingan melawan Donald Trump dari Partai Republik, kata satu sumber, melansir Reuters, Rabu, 4 Juli.