Bagikan:

JAKARTA - Dunia disuguhi debat perdana calon presiden Amerika Serikat (AS) 2024, yang berlangsung panas dan lucu sekaligus. Bayangkan, pada satu titik, perdebatan berubah menjadi pertarungan mengenai siapa yang lebih jago bermain golf.

Debat antara Joe Biden dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik, telah berlangsung Kamis malam waktu AS. Kedua kandidat tersebut berdebat mengenai ekonomi, aborsi, imigrasi dan perang di Ukraina dan Gaza bahkan mencakup beberapa serangan yang sangat pribadi.

Dilaporkan The Wall Street Journal, dikutip 29 Juni, usai penampilan debat Biden yang mengecewakan telah 'mendorong diskusi pribadi mengenai penggantinya sebagai calon presiden' namun 'peluang presiden mundur dari jabatannya tetap kecil'.

Sementara, dilaporkan Reuters, dikutip 29 Juni, seorang donor Biden, yang tak mau disebutkan namanya menyebut penampilan Biden sebagai "diskualifikasi" dan memprediksi sejumlah petinggi Demokrat akan kembali menyerukan agar Biden mundur demi kandidat lain menjelang konvensi nasional partai pada bulan Agustus. Para tokoh Demokrat yang panik ini dilaporkan bertukar pesan untuk mengetahui apakah Biden akan mempertimbangkan mundur.

Seorang ahli strategi senior Demokrat mengatakan kepada Reuters, bahwa tidak lazim bagi seorang petahana untuk mundur sejauh ini dalam siklus pemilihan, tetapi akan ada seruan bagi Biden untuk melakukan hal tersebut. Sementara, ketika Reuters wawancara dengan sejumlah pemilih mengonfirmasi bahwa malam itu malam yang amat buruk bagi Biden. Mereka menggambarkan penampilan Biden dalam debat amat lemah, memalukan, bahkan sulit untuk ditonton.

Tak hanya media besar, dari pantauan VOI, performa Biden dalam debat juga mengundang beragam respons hingga menjadi bahan olok-olok pesohor media sosial khususnya platform X. Bahkan ada juga yang menyebut Biden tak sehat mental.

“Debat calon presiden AS adalah salah satu hal paling menyiksa yang pernah saya saksikan. Seperti yang telah saya katakan dan tulis selama setahun terakhir, Joe Biden tidak sehat secara fisik dan mental untuk menjabat sebagai Presiden. Dia harus mundur,” cuit @piersmorgan.

“Jangan merasa kasihan pada Biden. Ketika bangun dia tidak akan mengingat perdebatan itu,” cuit @KimDotcom.

“CNN membunuh pencalonan Joe Biden. Mungkin Amerika bisa diselamatkan dari seorang panglima tertinggi yang sudah lama kehilangan kendali atas akal sehatnya,” cuit @RealScottRitter.