Bagikan:

JAKARTASatu dari dua penjambret yang viral saat beraksi di momen car free day (CFD) disebut kerap berpindah-pindah dan menyamar sebagai tukang topeng monyet selama pelariannya. Ciawi hingga Sukabumi menjadi tempat yang dipilihnya.

Penjambret itu diketahui berinisial MR alias Jeding. Pelarian itu berawal ketika dirinya mengetahui menjadi buronan. Sebab, aksi penjambretan yang dilakukannya bersama rekannya, HAN alias Uus, viral di media sosial.

"Tim penyidik kembali mendatangai tempat tinggal pelaku di wilayah Koja, Jakarta Utara, untuk mendalami kembali keterangan-keternagan yang sudah didapatkan penyidik," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra kepada wartawan, Rabu, 3 Juli.

Namun, setibanya di lokasi, keberadaan MR alias Jeding tak ditemukan. Sehingga penyelidikan kembali dilakukan.

Dari pendalaman didapat informasi bila MR alias Jeding kabur ke wilayah Ciawi, Jawa Barat. Anggota Subdit Resmob Polda Metro Jaya yang menangani kasus itupun berangkat ke lokasi yang dimaksud.

"Namun, ketika sampe di Ciawi, penyidik mendapatkan informasi pelaku sudah melarikan diri kembali atau berpindah tempat," sebutnya.

Daerah yang dituju MR alias Jeding yakni Sukabumi, Jawa Barat. Tak pikir panjang, polisi langsung menuju ke sana.

Hingga akhirnya, keberadaan tersangka ditemukan. Tanpa banyak basa-basi, polisi langsung menangkapnya pada 1 Juli 2024.

"Pelaku atas nama MR berhasil ditangkap di daerah Terminal Baru Surende, Desa Swakarya, Sukabumi," ucap Wira.

Usai ditangkap, MR alias Jeding langsung diperiksa. Ternyata, selama pelariannya, dia bergabung dengan kelompok tukang topeng moyet.

"Yang mana selama proses pelarian daripada pelaku MR, mereka tergabung atau ikut begabung rombongan topeng monyet yang ssering mengamen di wilayah Sukabumi maupun di wilayah Ciawi," kata Wira.