Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Kazakhstan  untuk melakukan pembicaraan keamanan dan pertahanan regional, serta serangkaian pertemuan bilateral, termasuk dengan para pemimpin China dan Turki.

Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), forum yang didirikan oleh Tiongkok dan Rusia pada tahun 2001 sebagai penjaga keamanan di kawasan Eurasia, akan bertemu dalam pertemuan puncak pada 3-4 Juli di ibu kota Kazakhstan, Astana.

“Para pemimpin negara-negara anggota SCO akan membahas keadaan saat ini dan prospek untuk lebih memperdalam kerja sama multifaset dalam organisasi tersebut dan meningkatkan aktivitasnya,” kata Kremlin dilansir Reuters, Rabu, 3 Juli.

Meskipun pertemuan tersebut kemungkinan besar akan didominasi oleh Rusia dan China, para pemimpin atau perwakilan Azerbaijan, Belarus, India, Iran, Kazakhstan, Qatar, Kyrgyzstan, Tiongkok, Mongolia, Uni Emirat Arab, Pakistan, Tajikistan, Turkmenistan, Turki dan Uzbekistan, juga diharapkan hadir.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga diperkirakan akan hadir, kata badan-badan Rusia pada Selasa, 2 Juli.

Rusia mengatakan Putin akan mengadakan serangkaian pembicaraan bilateral, termasuk dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Perdana Menteri India Narendra Modi tidak akan hadir dan akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar.