Mensos Risma Bawa Kabar Gembira! Bansos Kemensos Maret-April Cair Akhir Bulan
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengumumkan bahwa bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat per bulan Maret dan April akan cair pada minggu keempat bulan ini.

Bansos dari pemerintah pusat yang disalurkan oleh Kementerian Sosial terdiri dari bantuan pangan nontunai (BPNT) atau program sembako, program keluarga harapan (PKH), dan bantuan sosial tunai (BST).

"Harapan kami bantuan bisa realisasikan di minggu keempat di bulan Maret. Demikian pula target untuk bulan April, kami akan serahkan pada bulan maret, sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan sesegera mungkin," kata Risma dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 17 Maret.

Risma menyebut, seluruh jenis bantuan menggunakan uang elektronik. Penyalurannya melalui sistem non tunai lewat bank penyalur dan PT Pos. Adapun target penerima BNPT sebanyak 18,8 juta keluarga, PKH 10 juta keluarga, dan BST 10 juta keluarga. 

Namun, saat ini belum semua data penerima bansos telah dimiliki Kemensos. Sebab, ada beberapa pemerintah daerah yang belum 100 persen memadankan data dengan data kependudukan.

"Ada yang kita harus jemput perbaikan datanya. Jadi, bekerja sama dengan daerah, kami menurunkan staf untuk mempercepat di 514 kabupaten kota. Kita harus melakukan ini karena data kita yang kita keluarkan harus benar-benar betul," tutur Risma.

Pelibatan langsung ke daerah ini, kata Risma, juga bekerja sama dengan Dirjen Kepenududkan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Ia melanjutkan, alasan pihaknya menunggu semua data dipadankan sesuai target junlah penrrima karena banyak usulan-usulan baru dari daerah, seperti pengganti penerima bantuan yang meninggal dan sebagainya.

"Kami tetap menunggu dari daerah untuk usulan-usulan tersebut. Karena itu kepada daerah yang harus bisa memenuhi, sesegera mungkin. Karena kami ingin mengeluarkan kekurangan itu di minggu terakhir bulan Maret ini," jelasnya.