Mensos Risma Blusukan Hingga ke Jambi, Janji Perhatikan Suku Anak Dalam dan Beri Bantuan Teknologi
Menteri Sosial Tri Rismaharani (Foto: Twitter @Tri_Rismaharini)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) mengatakan akan pergi ke Jambi dan mendatangi Suku Anak Dalam. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menangani masalah di tengah masyarakat yang terisolasi.

"Kita akan coba menangani masalah masyarakat yang terisolasi. Jadi saya akan berangkat ke Suku Anak Dalam di Jambi," kata Risma saat jadi pembicara di Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 yang ditayangkan di YouTube BNPB, Selasa, 9 Maret.

Selain ke Jambi, rencananya mantan Wali Kota Surabaya ini juga akan datang ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam kunjungan tersebut, nantinya, pemerintah akan berupaya membantu sejumlah desa terpelosok dengan memberikan komputer. 

Nantinya, mereka yang ada di tempat terpencil atau terisolasi bakal diajari menggunakan teknologi. Hal ini coba dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mereka, sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi mereka.

"Saya akan coba, kita akan bantu komputer di beberapa desa terpelosok," ungkap Risma.

Lantas bagaimana dengan listrik untuk menyalakan komputer? Mengingat, masih banyak wilayah terpencil belum dialiri listrik. 

Menanggapi hal ini, Mensos Risma mengatakan, ternyata ada genset untuk mengalirkan listrik tanpa perlu bahan bakar seperti solar. "Jadi enggak perlu menggunakan bahan bakar. Artinya, di dalam hutan bisa (digunakan, red) karena tidak perlu bahan bakar," tegasnya.

Selain berupaya menyediakan komputer bagi masyarakat di tempat terpencil, Kementerian Sosial juga akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan akan menyediakan akses bagi warga di tempat terpencil untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Kita harus percaya dan yakin, bahwa tuhan memang memberikan cobaan tapi kita harus optimis bahwa kita bisa hidup dan sukses sebagai bangsa dan negara itu yang harus kita yakini," pungkasnya.

 

 

BACA JUGA: