Bagikan:

JAKARTA - Aktivis Kenya Auma Obama, saudara tiri mantan Presiden AS Barack Obama, termasuk di antara pengunjuk rasa yang terkena gas air mata saat demonstrasi di luar gedung parlemen di Nairobi.

Auma Obama digiring ke samping oleh seorang reporter CNN.

"Saya di sini karena - lihat apa yang terjadi. Anak-anak muda Kenya berdemonstrasi untuk menuntut hak-hak mereka. Mereka berdemonstrasi dengan bendera dan spanduk. Saya bahkan tidak bisa melihat lagi," katanya dilansir Reuters, Selas,a 25 Juni.

Seorang pria di belakangnya membawa poster, "kolonialisme tidak pernah berakhir di Kenya," sementara orang lain berteriak, "Ini adalah negara kita. Ini adalah bangsa kita."

Auma Obama sebelumnya memposting foto dirinya di X mengenai aksi protes tersebut.

Kantor mantan Presiden Obama tidak membalas telepon untuk meminta komentar mengenai insiden yang melibatkan saudara perempuannya atau kekerasan di Kenya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menembaki para pengunjuk rasa yang mencoba menyerbu gedung legislatif Kenya pada Selasa, 25 Juni yang menyebabkan lima pengunjuk rasa tewas.

Puluhan lainnya terluka dan beberapa bagian gedung parlemen dibakar ketika anggota parlemen di dalamnya mengesahkan undang-undang untuk menaikkan pajak.

Parlemen menyetujui rancangan undang-undang keuangan tersebut, dan meneruskannya ke pembahasan ketiga oleh anggota parlemen. Langkah selanjutnya adalah mengirimkan undang-undang tersebut ke presiden untuk ditandatangani. Presiden dapat mengirimkannya kembali ke parlemen jika dia keberatan.

Para pengunjuk rasa menentang kenaikan pajak di negara yang sudah terguncang akibat krisis biaya hidup, dan banyak juga yang menyerukan agar Presiden William Ruto mundur.

RUU keuangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pajak tambahan sebesar 2,7 miliar dollar AS sebagai bagian dari upaya meringankan beban utang yang besar, dengan pembayaran bunga saja menghabiskan 37 persen pendapatan tahunan.

Pemerintah telah memberikan beberapa kelonggaran, berjanji untuk membatalkan usulan pajak baru atas roti, minyak goreng, kepemilikan mobil dan transaksi keuangan. Namun hal itu belum cukup memuaskan