JAKARTA - Kevin Petersen, seorang petani alpukat dan kurator museum fosil Kronosaurus Korner di Queensland barat laut, Australia berhasil menemukan sejumlah tulang fosil di Queensland barat pada tahun 2021.

Fosil itu diidentifikasi sebagai milik Haliskia peterseni, genus dan spesies baru pterosaurus, menurut pernyataan dari tim di Curtin University di Perth, yang memimpin penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal 'Scientific Reports'.

Pterosaurus adalah reptil terbang yang hidup berdampingan dengan dinosaurus sekitar 100 juta tahun lalu.

"Dengan lebar sayap sekitar 4,6 m, Haliskia akan menjadi predator yang menakutkan sekitar 100 juta tahun lalu ketika sebagian besar wilayah Queensland barat tengah berada di bawah air, ditutupi oleh laut pedalaman yang luas, dan secara global berada di sekitar garis pantai selatan Victoria saat ini," kata penulis utama studi Adele Pentland, kandidat Ph.D di Sekolah Ilmu Bumi dan Planet Curtin, dalam pernyataan tersebut, melansir CNN 13 Juni.

Makhluk raksasa itu adalah vertebrata pertama yang mengembangkan kemampuan terbang dan hidup berdampingan dengan dinosaurus selama Era Mesozoikum, yang dimulai sekitar 252 juta tahun lalu.

"Pterosaurus adalah reptil bersayap yang memiliki sayap yang terbuat dari selaput kulit, sehingga dalam beberapa hal mereka menyerupai kelelawar tetapi mereka sangat berbeda dan tampak seperti dunia lain dalam hal bentuk kepala mereka," jelas Pentland.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Haliskia akan memburu ikan dan cumi-cumi seperti cumi-cumi di laut pedalaman, yang juga merupakan rumah bagi reptil laut besar seperti plesiosaurus dan ichthyosaurus, tetapi ia harus datang ke daratan untuk bertelur.

Ia akan dimangsa oleh reptil laut besar seperti Kronosaurus, yang tengkoraknya sendiri berukuran panjang 2,4 meter (7,9 kaki), tambahnya.

"Haliskia tidak akan memiliki kesempatan melawan binatang seperti itu," kata Pentland.

Diketahui, kurang dari 25 set sisa-sisa pterosaurus yang termasuk dalam empat spesies telah ditemukan di Australia sejak tahun 1980-an. Sementara, lebih dari 100 set telah ditemukan di Brasil dan Argentina.

Dalam penemuan Haliskia, Petersen menemukan spesimen pterosaurus terlengkap yang pernah ditemukan di Australia hingga saat ini, kata Pentland dalam pernyataannya, memuji Petersen atas "persiapan cermat"-nya terhadap sisa-sisa tersebut.

"Haliskia lengkap 22 persen, membuatnya dua kali lebih lengkap dari satu-satunya kerangka pterosaurus parsial lain yang diketahui ditemukan di Australia," katanya.

"Itu meliputi rahang bawah lengkap, ujung rahang atas, 43 gigi, ruas tulang belakang, tulang rusuk, tulang dari kedua sayap, dan sebagian kaki. Kerangka itu juga meliputi tulang tenggorokan yang sangat tipis dan halus, yang menunjukkan lidah berotot, yang membantu saat memakan ikan dan sefalopoda," urainya.

Pentland mengatakan kepada CNN, ia "tidak menyangka spesimen itu selengkap itu." Fosil tersebut akan bergabung dengan koleksi di Kronosaurus Korner. Petersen mengatakan ia gembira dengan penemuan tersebut.

"Saya gembira bahwa penemuan saya adalah spesies baru, karena hasrat saya terletak pada membantu membentuk pengetahuan modern kita tentang spesies prasejarah," katanya dalam pernyataan tersebut.

Pada Bulan Mei 2023, studi lain yang dipimpin oleh Pentland menemukan bahwa pterosaurus terbang di langit Australia sejauh 107 juta tahun yang lalu.

Paleontologis sampai pada kesimpulan itu setelah memeriksa dua potong tulang prasejarah yang diekstraksi dari Dinosaur Cove, sebuah situs yang mengandung fosil di negara bagian Victoria, Australia, lebih dari tiga dekade lalu.

Sampel-sampel tersebut ternyata adalah sisa-sisa pterosaurus tertua yang pernah ditemukan di negara tersebut, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal sains 'History Biology'.