Bagikan:

YOGYAKARTA - Australia merupakan salah satu negara yang kerap dikunjingi oleh warga Indonesia, mau dari sekedar liburan, menempuh Pendidikan, bahkan bekerja. Namun tahukah kalian kalau ada aturan khusus untuk membuat visa Australia? Dan juga kalian perlu tahu berapa tabungan untuk visa Australia. Yuk kita bahas!

Terdapat banyak posisi wisata yang memanjakan mata yang dapat kalian kunjungi dengan mudah di Australia. Mulai dari Tepi laut Teluk Byron, Fraser Island, sampai Sydney Opera House yang jadi landmark ikonik Australia. Makin tidak sabar mau terbang ke situ?

Sebentar, ada perihal lain yang perlu kalian persiapkan juga tidak hanya baju serta peralatan kerja. Yaitu visa Australia. Dokumen satu ini harus dibawa supaya kalian dapat tinggal serta liburan di Australia dengan tenang.

(Sydney Australia-Kay-Unsplash)
(Sydney Australia-Kay-Unsplash)

Mengenal Visa Australia

Sebelum mengenali metode membuat visa Australia, ada baiknya kalian mengenali dahulu nih, apa itu visa Australia?

Visa sendiri ialah keterangan izin buat masuk sekalian keluar dari negeri yang menghasilkan visa tersebut. Nah, Visa Australia merupakan visa yang membolehkan kalian buat berkunjung ke Australia buat bermacam tujuan, misal wisata maupun bisnis, dalam jangka waktu tertentu.

Berapa Tabungan Untuk Visa Australia

Visa Australia diperlukan jumlah tabungan minimun dengan angka yang lumayan besar, seperti Rp50 juta, Rp80 juta, bahkan Rp100 juta. Tetapi, sebagian orang pernah sukses memperoleh visa Australia cuma bermodalkan Rp10 juta di tabungannya buat perjalanan selama satu pekan di negara Kangguru ini.

Kalian dapat mengalikan biaya hidup rata-rata di Australia sebesar AUD 100 sampai AUD 200 dengan jumlah hari Kalian di situ. Jadi bila Kalian bernazar melaksanakan perjalanan sepanjang 10 hari di Australia, siapkanlah dana minimal sekitar Rp10 juta sampai Rp20 juta di tabungan Kalian.

Cara Membuat Visa Australia

I. Membawa Persyaratan Pembuatan Visa Australia ke AVAC

Buat domisili Jakarta, bawalah dokumen untuk membuat visa Australia ke kantor AVAC ataupun Australia Visa Application Centre yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav. C18, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Kota Jakarta, 12940, Kuningan City Lt. 2. Pelayanan dibuka tiap hari Senin–Jumat mulai dari jam 8 pagi s.d 4 sore.

Buat kalian yang hendak membuat visa Australia di Bali, bawalah seluruh dokumen persyaratan ke AVAC Benoa Square Lantai 3 Nomor. 7-9. 3/A yang beralamat di Jalan. Bypass Ngurah Rai A Kedonganan Nomor. 21A, Jimbaran, Kuta, Badung, Bali 80361. Kantor di Bali melayani tiap hari Senin–Minggu mulai dari jam 9 pagi s. d 10 malam.

Opsi lain dalam metode membuat visa Australia, kalian pula dapat memilih melaksanakan registrasi pembuatan visa Australia sendiri secara online lewat halaman resmi Australian Government Departement of Home Affairs. Berikutnya, seleksi menu Visitor Visa (subclass 600) serta Tourist Stream pada menu Getting a Visa.

Supaya dapat mendaftarkan pembuatan visa Australia secara online, kalian membutuhkan ImmiAccount yang dapat dibuat terlebih dahulu pada halaman online.immi.gov.au. Catat username, e-mail, serta password yang digunakan di tempat yang aman.

Sehabis memperoleh akun, kalian dapat melanjutkan registrasi dengan submit seluruh dokumen yang diminta. Pastikan membaca petunjuk serta informasi yang tertera dengan detail. Jangan sampai ada yang terlampaui serta keliru, ya.

II. Melaksanakan Pembayaran Visa Australia Memakai Mata Uang Rupiah

Usai menyerahkan seluruh berkas buat pembuatan visa Australia kepada AVAC ataupun memenuhi dokumen pada pendaftaran online, langkah ke-2 dalam metode membuat visa Australia yaitu pembayaran.

Dilansir dari Departemen Dalam Negeri Australia, biaya pengajuan visa wisatawan Australia yaitu mulai dari AUD 190 Australia ataupun kurang lebih Rp 1,8 juta.

Bila permohonan pembuatan visa Australia lewat AVAC, maka alternatif pembayaran dapat dicoba dengan metode tunai ataupun transfer bank. Sedangkan, buat pengajuan online, pelunasan bayaran pembuatan visa Australia dapat lewat kartu kredit, UnionPay, ataupun PayPal jika melunasi dengan mata uang selain Rupiah.

III. Menerima visa Australia Elektronik (e-visa) Lewat Email

Metode membuat visa Australia berikutnya yaitu langkah yang sangat gampang, nih. Setelah beres dengan submit dokumen pendaftaran serta pembayaran, saat ini kalian tinggal menunggu keputusan permohonan pembuatan visa Australia. Permohonan yang disetujui ataupun ditolak bakal diberitahukan ke email kalian yang terdaftar di ImmiAccount.

Selain itu baca juga update temuan terbaru di Australia yang menggemparkan dunia yaitu “Petani Alpukat Australia Berhasil Temukan Spesies Baru Pterosaurus”.

Jadi setelah mengetahui berapa tabungan untuk visa Australia, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!