Bagikan:

YOGYAKARTA - Rencana liburan ke Korea perlu dipersiapkan sebaik mungkin, termasuk menyiapkan visa Korea. Visa ini menjadi dokumen penting yang perlu dibawa untuk melakukan perjalanan dari Indonesia ke Korea Selatan. Lantas apa saja syarat visa Korea dan bagaimana prosedur pembuatannya?

Sebelum berangkat ke Korea Selatan, sejak jauh-jauh hari Anda harus sudah menyiapkan visa Korea. Untuk membuat visa Korea, ada beberapa dokumen yang perlu Anda lengkapi. Pembayaran pembuatan visa ini hanya dapat dilakukan secara tunai di loket Korea Visa Application Center (KVAC). 

Biaya untuk pembuatan visa Korea sendiri akan disesuaikan dari jenis visa yang diajukan. Bagi Anda yang ingin pergi ke Korea Selatan untuk liburan, studi, maupun keperluan lainnya, maka harus mengetahui syarat pembuatan visa Korea dan besaran biayanya.

Syarat Pembuatan Visa Korea

Berikut ini sejumlah persyaratan untuk membuat visa Korea yang harus dipenuhi oleh pemohon:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Formulir permohonan pembuatan visa yang diisi secara lengkap dan benar. Formulir bisa diunduh secara online dari laman visaforkorea-in.com.
  • Pas foto 3,5x4,5 cm 3 lembar.
  • Paspor asli dengan masa berlaku minimal 6 bulan.
  • Fotokopi halaman informasi pribadi yang termuat di paspor dan halaman cap imigrasi (jika  sudah pernah bepergian ke negara lain).
  • Khusus pegawai perlu menyertakan surat keterangan bekerja yang ditulis dalam bahasa Inggris dan Surat Pembayaran Pajak (SPT) tahun sebelumnya.
  • Khusus wirausahawan perlu menyertakan Surat Izin Usaha (SIUP) dan SPT tahun sebelumnya.
  • Khusus pelajar perlu menyertakan surat keterangan pelajar dari sekolah saat ini.
  • Khusus yang belum bekerja perlu menyertakan sertifikat kelulusan dari jenjang pendidikan terakhir.
  • Dokumen rekening koran asli selama 3 bulan terakhir yang sudah mendapat stempel basah dari bank.
  • Jika tidak bisa melampirkan dokumen rekening koran, sebagai penggantinya dapat memakai tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir dan fotokopi BPKB mobil.

Biaya Pembuatan Visa Korea

Pembuatan visa Korea dikenakan biaya bervariasi yang disesuaikan berdasarkan jenis visa yang diajukan. Berikut ini rincian harga pembuatan visa Korea untuk perjalanan ke Korea Selatan:

  • Single Entry Visa (masa berlaku lebih dari 90 hari): Rp1.116.000
  • Single Entry Visa (masa berlaku maksimal 90 hari): Rp824.000
  • Multiple Entry Visa: Rp1.554.000
  • Double Entry Visa: Rp1.262.000
  • Group Visa: Rp366.000

Perlu diketahui bawah jika pengajuan visa ditolak maka biaya yang sudah dibayarkan juga akan hangus atau tidak dikembalikan. Proses pembuatan visa Korea memakan waktu selama sekitar 6 hari kerja terhitung dari hari pengajuan. Di samping itu, pembuatan visa mungkin bisa lebih lama. 

Cara Membuat Visa Korea

Bagi Anda yang ingin membuat visa Korea maka harus mengetahui langkah-langkahnya. Berikut ini cara apply visa Korea yang bisa Anda ikuti:

  1. Silakan terlebih dulu download formulir permohonan visa sesuai dengan jenis visa yang ingin diajukan. Formulir bisa diunduh di dalam situs KVAC: http://www.visaforkorea-in.com/Ba/Visa_Sub1.aspx.
  2. Menyiapkan berkas-berkas administrasi meliputi: KK, Paspor, Surat Keterangan Kerja (khusus yang bekerja), Surat Keterangan Pelajar (khusus pelajar), serta bukti keuangan 3 bulan terakhir.
  3. Foto dengan latar putih ukuran 3,5X4,5 centimeter.
  4. Mengisi formulir pengajuan visa secara lengkap dan benar.
  5. Mendatangi KVAC dengan membawa formulir yang sudah terisi dan semua berkas yang menjadi persyaratan.
  6. Melakukan pembayaran biaya pembuatan visa. Kemudian mengambil tanda terima dan menunggu proses. Lamanya proses penerbitan visa Korea biasanya sekitar 6 hari kerja.
  7. Selama waktu menunggu penerbitan visa, Anda bisa mengecek status visa yang diajukan di www.visa.go.kr. Ada tiga jenis status yang ditampilkan, yaitu under review (dalam proses pengecekan), approved (diterima), dan rejected (ditolak).
  8. Apabila pengajuan visa sudah approved, biasanya pihak KVAC akan mengirim informasi singkat ke kontakmu. Petugas akan memberi tahu bahwa visa Anda sudah terbit dan bisa diambil sesuai waktu yang mereka tentukan.
  9. Silakan datang lagi ke KVAC untuk mengambil visa Anda. Ketika mendatangi KVAC, pastikan membawa tanda terima yang sudah didapatkan sebelumnya.
  10. Selamat visa Anda siap digunakan untuk perjalanan ke Korea Selatan. 

Demikianlah informasi syarat visa Korea bagi Anda yang ingin membuat visa ini untuk perjalanan ke Korea Selatan. Pengajuan pembuatan visa Korea dapat Anda lakukan di KVAC yang berlokasi di lantai 5 Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. Baca juga cara membuat paspor untuk anak secara online

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.