Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan mengaku belum memikirkan siapa yang akan menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pasangannya di Pilkada 2024 mendatang, meski saat ini telah resmi mengumumkan rencananya kembali maju sebagai Calon Gubernur DKI.

Menurut Anies, masih ada waktu yang cukup untuk menggodok nama-nama yang akan dipasangkan dengannya sebelum masa pencalonan ke KPU bulan Agustus mendatang.

"Semua nama yang disebut sebagai potensi pasangan itu belum dibahas sama sekali. Jadi tidak usah ada spekulasi pembahasan nama siapapun juga, karena belum dibahas," kata Anies ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat, 14 Juni.

Anies juga tak mau menanggapi lebih jauh soal isu dirinya dipasangkan dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di pilkada Jakarta.

Ketimbang membahas soal siapa sosok cawagubnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memandang lebih baik dirinya menyoroti permasalahan-permasalahan yang dialami warga. Salah satunya adalah polemik eks warga Kampung Bayam yang belum juga diberikan akses hunian Kampung Susun Bayam.

"Menurut saya belum dan tidak penting membahas nama sekarang. Penting pembahasan tentang seperti ini, Kampung bayam, karena fase pembahasannya (cawagub) tuh nanti. Hari ini prematur. Jadi, nama A, B, C, D, E yang disodorkan, enggak usah jadi keramaian," urai Anies.

Pada Rabu, 12 Juni lalu, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies untuk diusung sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. DPW DKI yakin Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan merestuinya.

Lalu, muncul peluang Anies akan dipasangkan dengan Kaesang Pangarep di Pilkada DKI Jakarta 2024. Kaesang aendiri belum memutuskan apakah dirinya akan maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah.

Namun, seandainya diusung dalam Pilkada Jakarta, Kaesang mengaku lebih memilih dipasangkan dengan Anies Baswedang ketimbang Ridwan Kamil (RK). Menurutnya, elektabilitas Anies saat ini lebih tinggi.

"Ini kan saya belum bisa, saya kan juga belum dicalonkan juga. Kalau misalnya melihat survei, ya paling realistis dengan Pak Anies," kata Kaesang ditemui di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juni.

Namun, putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut menilai kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta maupun mantan Gubernur Jawa Barat tersebut sama-sama mumpuni untuk memimpin daerah.

"Sama-sama baik, semuanya orang hebat. Pak Anies kan kemarin juga salah satu capres juga. Saya suka nonton, dulu, Desak Anies itu juga bagus. Pak RK juga cukup bagus, berkiprah di Jabar semuanya bagus. Enggak ada masalah," urai Kaesang.