Bagikan:

JAKARTA - Donald Trump tiba di Capitol Hill untuk bertemu dengan anggota parlemen dari Partai Republik guna membangun konsolidasi menjelang pemilu 5 November 2024, yang dapat memberikan partainya kendali atas Gedung Putih dan di Kongres.

Dilansir Reuters, Kamis, 13 Juni, iring-iringan mobil Trump berhenti di pintu samping gedung kantor Partai Republik, satu blok dari US Capitol, menghindari kerumunan pengunjuk rasa di depan.

Kandidat presiden dari Partai Republik dijadwalkan bertemu dengan anggota Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat pada pagi hari dan makan siang dengan anggota Senat dari Partai Republik untuk mengoordinasikan strategi kampanye

Trump dan Presiden Partai Demokrat saat ini Joe Biden masing-masing menikmati pemerintahan yang bersatu dalam dua tahun pertama masa jabatan mereka.

Namun partai mereka kehilangan kendali atas DPR selama pemilu paruh waktu, yang menghambat kemampuan mereka untuk mengesahkan undang-undang.

“Pertemuan ini akan fokus pada bagaimana Partai Republik dapat bekerja sama untuk memajukan kebijakan untuk menyelamatkan Amerika, termasuk melindungi Jaminan Sosial dan Medicare, mengamankan perbatasan selatan, dan memotong pajak bagi keluarga pekerja keras,” kata seorang pejabat senior kampanye Trump.

Kandidat presiden dari Partai Republik juga dijadwalkan berbicara pada hari Kamis di Business Roundtable, sebuah asosiasi yang beranggotakan lebih dari 200 kepala eksekutif perusahaan yang berbasis di Washington, D.C.

“Kemampuan kita untuk mendapatkan mayoritas di Senat secara intrinsik terkait dengan kemenangan Presiden Trump. Jadi, kita seperti satu tim/satu visi, dan saya pikir itulah yang akan kita bicarakan,” kata Senator Partai Republik Thom Tillis kepada wartawan. .

Partai Republik berharap Trump bisa mengalahkan Biden, memperpanjang mayoritas mereka saat ini, yakni 218-213 di DPR, dan mengambil kendali Senat yang saat ini dipimpin oleh Partai Demokrat dengan perbandingan 51-49.