Bagikan:

JAKARTA - Polri menyatakan persiapan pembangunan kantor kepolisian Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mulai berjalan. Kantor pusat hingga polsek yang menjadi prioritas.

"Polri telah menyiapkan kantor pusat saat ini sudah tayang lelang, di mana akan diisi oleh PJU dan staf yang akan berkantor bersama Presiden di kawasan inti pusat pemerintahan," ujar Wakapolri Komjen Agus Andrianto dalam rapat dengan Komisi III DPR RI, Selasa, 11 Juni.

Dalam rencana pembangunan, nantinya akan didirikan beberapa polsek. Kemudian, satu polres yang menaungi.

Agus juga menyampaikan akan ada pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) command center Polri yang mengintegrasikan security sport dan aplikasi smart security di IKN.

"Selain itu akan disipakan kantor polrestabes, gedung SPKT dan empat kantor polsek sebagai sistem keamanan kepada IKN," ucapnya.

Sementara mengenai personel, Agus menyampaikan akan mengirim 1.667 orang di tahap satu. Rinciannya, 700 personel untuk kantor pusat dan 967 personel untuk mengawali sistem kepolisian.

Untuk anggaran pemindahan personel ke IKN diperkirakan mencapai Rp49,83 miliar.

"Sarpras terdiri 700 personel yang bekerja di kantor pusat Polri PJU dan staf anggaran yang dibutuhkan Rp25,07 miliar. Kemudian serpras untuk 967 personel pada polsek tipe C B dan comentcenter sebesar Rp24,73 miliar," kata Agus.