Pembangunan Polres, Polsek, hingga Satuan Brimob Khusus di Ibu Kota Nusantara Bakal Dimulai Tahun Depan
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. (Foto: Dok. Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Polri akan membangun Polres, Polsek hingga satuan Brimob khusus untuk di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Namun, pembangunannya baru akan dijalankan pada tahun 2023 karena saat ini masih dalam proses penggodokan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo memastikan bahwa pembangunan akan dilakukan di tahun depan. Hal ini sebagai bentuk persiapan Polri menjelang digelarnya pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

"(Pembangunan Polres, Polsek di IKN) tahun depan. Tahun ini (2022) masih penggodokan semua, pengusulan semuanya. Tahun depan kan sudah harus dipersiapkan, karena tahun 2024 diharapkan secara bertahap kita sudah mulai berkantor di IKN," kata Dedi kepada wartawan di acara Funbike Semarak Bhayangkara, Minggu, 19 Juni.

Dedi juga mengatakan bahwa saat ini, Polri telah menyiapkan konsep untuk pembangunan Polres khusus IKN. Selain fasilitas Polres-Polsek, kata Dedi, sebelumnya juga sudah dikukuhkan anggota Brimob yang nantinya akan ditempatkan di ibu kota baru Indonesia tersebut.

"Untuk konsep pementukam Polres khusus IKN ini sedang diajukan. Termasuk Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit) dalam beberapa waktu lalu sudah mengkukuhkan penguatan orang Brimob," jelasnya.

Nantinya, lanjut Dedi, Brimob di Ibu Kota Nusantara akan berada di bawah instruksi langsung salah seorang Pati Bintang 1. Dedi berharap, pengukuhan serta penempatan Brimob di IKN dapat melengkapi sistem dan fasilitas keamanan di IKN.

Selain itu, Dedi menjelaskan dengan penempatan Brimob, proyek IKN diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana pemerintah.

"Nanti akan dipimpin oleh Pati Bintang 1 dalam rangka untuk mengamankan penguatan IKN, agar IKN betul-betul sesuai denan timeline yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.