Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan PM Israel Benjamin Netanyahu mungkin menunda mengakhiri perang di Gaza karena alasan politik.

Dalam wawancara dengan majalah Time yang dirilis Selasa, 4 Juni, Biden berbicara beberapa hari sebelum merinci proposal gencatan senjata di Gaza dan ketika perdana menteri Israel berjuang dengan perpecahan politik yang mendalam di dalam negeri.

Ketika ditanya apakah menurutnya Netanyahu memperpanjang perang karena alasan politiknya sendiri, Biden berkata: "Ada banyak alasan bagi orang-orang untuk mengambil kesimpulan seperti itu.”

Biden yang sudag mendorong diakhirinya perang selama hampir delapan bulan, juga mengatakan “tidak yakin” apakah pasukan Israel telah melakukan kejahatan perang di Gaza.

Bulan lalu, jaksa Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag meminta surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan kepala pertahanannya, serta tiga pemimpin Hamas, atas dugaan kejahatan perang.

Israel melancarkan serangan udara dan darat di Gaza pada Oktober lalu dan bersumpah untuk menghancurkan kelompok militan Islam Palestina Hamas setelah mereka menyerang di wilayah Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel. Sekitar 120 sandera masih berada di Gaza.

Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 36.000 orang di Gaza, menurut otoritas kesehatan di sana, yang mengatakan ribuan mayat terkubur di bawah reruntuhan.

Jajak pendapat menunjukkan sebagian besar warga Israel mendukung perang tersebut namun menyalahkan Netanyahu atas kegagalan keamanan ketika kelompok bersenjata Hamas mengamuk di komunitas Israel di dekat Gaza pada 7 Oktober, dan akan memilihnya keluar jika ada pemilu.