Bagikan:

JAKARTAPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan akan “menyampaikan kebenaran" tentang perang melawan Hamas di Gaza ketika dia berpidato di depan Kongres AS pada 24 Juli saat berkunjung ke Washington, kata para pemimpin Partai Republik.

Netanyahu akan berbicara pada sidang gabungan Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat, kata Ketua DPR Mike Johnson dan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell dalam pernyataan.

“Saya sangat terharu mendapat hak istimewa untuk mewakili Israel di hadapan Kongres dan menyampaikan kebenaran tentang perang kita yang adil melawan mereka yang berusaha menghancurkan kita di depan perwakilan rakyat Amerika dan seluruh dunia,” kata Netanyahu dalam pidato pernyataan dikutip Reuters, Jumat, 7 Juni.

Kunjungan Netanyahu terjadi di tengah ketegangan antara dia dan Presiden AS Joe Biden, yang mendukung kampanye Israel di Gaza namun belakangan ini lebih kritis terhadap taktik Israel dan menahan pengiriman sejumlah bom.

Belum jelas apakah Netanyahu akan bertemu dengan Biden selama kunjungannya ke AS.

Dukungan Biden terhadap Israel muncul sebagai tanggung jawab politik bagi presiden tersebut menjelang pemilu AS pada November 2024, dengan beberapa anggota Partai Demokrat dan pemilih marah atas ribuan kematian warga sipil di Gaza.

Partai Republik juga mengkritik Biden atas sikapnya terhadap perang tersebut, dengan mengatakan bahwa dia tidak berbuat banyak untuk membantu Israel.