Bagikan:

JAKARTA - Angkatan udara Ukraina menembak jatuh lima rudal dan 48 dari 53 drone di sembilan wilayah selama serangan Rusia.

Pasukan Rusia menyerang wilayah Kyiv dengan drone dan rudal Kh-101/Kh-555, menyebabkan kebakaran di salah satu fasilitas industri, menurut gubernur. Layanan darurat bekerja untuk memadamkan api pada Jumat, 7 Juni pagi, tanpa ada korban jiwa yang dilaporkan.

Gubernur wilayah Kharkiv Oleh Syniehubov mengatakan serangan pesawat tak berawak itu menghancurkan jendela pada tiga bangunan tempat tinggal, merusak toko dan kantor pos, serta infrastruktur lokal lainnya.

Tiga drone hancur di wilayah Dnipropetrovsk, kata gubernur. Gubernur Kirovohrad mengatakan serangan itu tidak menimbulkan kerusakan di wilayahnya setelah militer melaporkan menembak jatuh satu drone. Gubernur Khmelnytskyi juga melaporkan tidak ada kerusakan, dan mengatakan angkatan udara menembak jatuh 11 sasaran di wilayahnya.

Militer Ukraina mengatakan tujuh drone ditembak jatuh di wilayah selatan Odesa, tiga lainnya ditembak jatuh di wilayah Kherson dan dua lagi di wilayah Mykolaiv.

Serangan itu tidak merusak infrastruktur energi apa pun, kata Wakil Menteri Energi Ukraina Mykola Kolisnyk di televisi nasional.

Rusia semakin menargetkan infrastruktur energi Ukraina pada musim semi ini dalam serangan gabungan yang mengakibatkan kerusakan pada kapasitas pembangkit listrik, sehingga menyebabkan pemadaman listrik di seluruh negeri.