Lancarkan Serangan Rudal Presisi: Rusia Hancurkan Tank Pemberian Eropa dan Radar Besutan AS Milik Ukraina
Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayjen Igor Yevgenyevich Konashenkov. (Sumber: Twitter/@MajorGeneralIg1)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Dirgantara Rusia mengirimkan serangan dengan rudal presisi terhadap pabrik perbaikan kereta api di pinggiran Kiev untuk memusnahkan tank T-72 yang dipasok oleh negara-negara Eropa Timur ke Ukraina, menurut Juru Bicara Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Igor Yevgenyevich Konashenkov.

"Angkatan Udara Rusia mengirimkan serangan dengan rudal presisi jarak jauh yang diluncurkan dari udara terhadap pinggiran Kyiv, untuk menghilangkan tank T-72 dan lapis baja lainnya di tempat pabrik perbaikan kereta api yang telah dipasok oleh negara-negara Eropa Timur," jelasnya dikutip dari TASS 6 Juni.

Lebih jauh diterangkannya, pasukan rudal dan artileri Rusia mampu menyapu bersih 46 pos komando Ukraina, 123 unit artileri dan mortir pada posisi menembak. Termasuk 498 area yang mengumpulkan tenaga kerja dan perangkat keras militer Ukraina.

"Pasukan Dirgantara Rusia mengirimkan serangan dengan rudal presisi, untuk memusnahkan pos komando brigade serangan udara ke-81 dan ke-95 Ukraina, serta bengkel perbaikan perangkat keras militer Ukraina," ungkap Mayjen Konashenkov.

"Rudal presisi yang diluncurkan dari udara menghancurkan bengkel-bengkel di komunitas Kramatorsk, Druzhkovka dan Chasov Yar di Republik Rakyat Donetsk yang memperbaiki dan memulihkan perangkat keras tempur tentara Ukraina yang rusak dalam pertempuran. Serangan itu juga menghancurkan pos-pos komando dari brigade serangan udara ke-81 dan ke-95 tentara Ukraina dan enam area yang mengumpulkan tenaga kerja dan peralatan militer," paparnya.

Tak hanya itu, ia juga menyebut pasukan Dirgantara Rusia berhasil melakukan serangan dengan rudal presisi, untuk melenyapkan tiga depot senjata artileri Ukraina dan radar kontra-tembakan AN/TPQ-50 buatan Amerika Serikat di Republik Rakyat Donetsk.

"Serangan itu menghilangkan dua peluncur sistem rudal anti-pesawat Osa-AKM di dekat komunitas Cherkasskoye di Republik Rakyat Donetsk dan Orekhov di Wilayah Zaporozhye, dua kendaraan tempur dari berbagai sistem peluncuran roket di dekat pemukiman Korotych di Wilayah Kharkov , tiga depot senjata rudal/artileri di wilayah Mayaki dan Slavyansk di Republik Rakyat Donetsk dan juga radar anti-tembak AN/TPQ-50 buatan AS di dekat Seversk di Republik Rakyat Donetsk," ungkapnya.

Ditambahkannya, selain serangan dengan rudal presisi, pesawat tempur Rusia juga sukses menembak jatuh jet tempur MiG-29 Ukrainan, depot amunisi, tank dan kendaraan lapis baja, peluncur roket ganda Grad, artileri hingga drone, termasuk drone TB2.