Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Budisatrio Djiwandono tengah menuai perhatian setelah muncul sebuah poster berisi gambarnya bersama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Diduga poster duet tersebut berkaitan dengan rencana pencalonan sebagai calon Gubernur-wakil Gubernur DKI Jakarta.

Meski tak ada informasi resmi terkait pencalonannya, kemunculan poster duet Budi Djiwandono-Kaesang tersebut ramai dibicarakan di media. Di luar hal tersebut, siapa ia sebenarnya?

Profil Budisatrio Djiwandono

Budisatrio Djiwandono adalah seorang politisi kelahiran Jakarta, 25 September 1981. Ia adalah putra dari Sudrajad Djiwandono yang dikenal sebagai ekonomo terkenal dan pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 1993-1998.

Sang ibu sendiri bernama Biantiningsih Miderawati Djojohadikusumo yang merupakan anak tertua dari Soemitro Djojohadikusumo-Dora Marie Sigar. Artinya Bianti adalah keponakan dari Prabowo Subianto yang saat ini menjadi presiden terpilih dalam Pemilu 2024.

Jika dilihat dari situs DPR RI, Budi Satrio Djiwandono memiliki latar pendidikan yang cukup mentereng. Pendidikan Sekolah Atas (SMA) ia tempuh di Berkshire School, Amerika Serikat. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Clark University, Amerika Serikat dengan mengambil program S1 jurusan Government & International Relation.

Budisatrio Djiwandono yang merupakan suami dari Mila Gunawan ini telah memulai karier di dunia politik cukup lama. Sebagai keponakan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Satrio mulai menjajaki dunia politik lewat partai tersebut.

Bahkan pada tahun 2014 politisi yang beragama Katolik ini mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI dengan daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Timur. Sayangnya pencalonannya membawa ia pada kegagalan. Meski begitu Budisatrio lolos ke Senayan dan dilantik menjadi anggota DPR RI melalui penggantian antar waktu (PAW). Kala itu ia mengganti Luther Kombong yang meninggal dunia di Singapura bulan Juni 2017.

Setelah masa kerjanya habis, Budisatrio kembali mencalonkan diri dalam Pileg 2019  lewat dapil dan partai yang sama seperti tahun sebelumnya. Dari pencalonannya tersebut ia berhasil lolos dengan masa jabatan 2019-2024. Bahkan Budisatrio dilantik sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI sampai sekarang. Komisi tersebut diketahui membawahi bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, kelautan dan perikanan.

Di Pemilu Pemilihan Presiden 2024, Budi Satrio ditunjuk sebagai Juru Bicara Pemenangan Pemilu Partai Gerindra. Hal tersebut dapat dilihat lewat postingan foto dan video yang diunggah di akun media sosial Instagram pribadinya @budidjiwandono.

Pencalonan Budisatrio di Pilgub Jakarta

Seperti dijelaskan sebelumnya, Budisatrio diisukan maju dalam Pilgub DKI Jakarta bersama Kaesang Pangarep. Namun berdasarkan keterangannya, ia mengaku telah menerima arahan dari Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya sudah menerima arahan dari Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Pak Prabowo untuk terus melanjutkan perjuangan di Parlemen," jelas Budi kepada wartawan, Jumat, 31 Mei.

Itulah informasi terkait profil Budi Satrio Djiwandono. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.